Bupati Wardan Terima Penghargaan Jamkesda Award

Kamis, 03 September 2015

PELITARIAU, Tembilahan - Bupati Indragiri Hilir (Inhil) HM Wardan menerima penghargaan Jamkesda Award kategori Partisipasi Pemerintah Daerah (Pemda) dalam mengitegrasikan Jamkesda ke BPJS di Hotel Brobudur, Jakarta, Selasa (1/9) kemarin.

Pada penerimaan penghargaan tersebut dihadiri langsung oleh Menteri Kesehatan RI, Ketua Dewan Jaminan Sosional Nasional dan jajaran dewan pengawas serta Gubernur dan Bupati se-Indonesia.

Penghargaan itu diberikan sebagai bentuk penghargaan Pemda yang berkomitmen mensukseskan implementasi Program Jaminan Kesehatan Nasional, dengannya, BPJS Kesehatan memberikan penghargaan JKN Award 2015 Kepada sejumlah Pemerintah Daerah yang telah mengintegrasikan Jamkesda-nya Ke BPJS Kesehatan.

“Dengan sudah adanya BPJS di Kabupaten Inhil, tentunya pelayanan kepada masyarakat dapat lebih ditingkatkan lagi. kemudian juga kita mengharapkan kedepan  pendataannya lebih intensif sehingga nanti masyarakat miskin yang menjadi sasaran  betul-betul terakomodir Dan mendapatkan  pelayanan,” kata Bupati Wardan.

Penghargaan itu sesuai dengan Roadmap program jaminan nasional di bidang kesehatan, integrasi Jamkesda ke BPJS kesehatan harus selesai dalam waktu tiga tahun sejak BPJS kesehatan mulai beroperasi per 1 januari 2014 silam.

Berdasarkan data yang ada, saat ini terdapat 13 provinsi dan 270 kabupaten/kota yang telah melakukan integrasi ke BPJS Kesehatan. Dan pada akhir tahun 2016 mendatang, seluruh Jamkesda sudah teridegrasi ke BPJS kesehatan demi mendukung tercapainya universal coveragedi tahun 2019.

Adapun per 28 agustus 2015,dari total 150,753.391.jiwa peserta BPJS kesehatan, sebanyak 7,26% atau 10.657.038. Jiwa adalah peserta jamkesda yang sudah terintengrasi ke BPJS Kesehatan.***Sb