Bupati Rohil Bagikan Masker Kepada Masyarakat dan Anak-Anak Sekolah

Kamis, 03 September 2015

Bupati Rohil H Suyatno di dampinggi kepala Badan BPBD Rohil H Azhar MS,i, saat memasang masker kepada masyarakat Kota Bagansiapiapi.

PELITARIAU, Bagansiapiapi- Rokan Hillir sekarang ini dikepung asap yang belum begitu cukup tebal. Asap yang melandai daerah Rohil ini bukan berasal dari Rohil, melaikan dari asap kiriman dari daerah luar.

Hari ini kita membagikan masker kepada masyarakat khusunya di kota Bagansiapiapi, ini gerakan pertama kita. kenapa ini kita lakukan, dua tiga hari ini kan kabut asap melanda kota Bagansiapiapi, tapi itu bukan berasal dari kebakaran hutan yang melanda di Rohil, itu tidak. kabut asap ini hasil kiriman dari daerah luar semua, maknya kita antisipasi agar terhindar dari penyakit-penyakit akan sekarang ini istilah penyakit ISPA, khsus untuk anak-anak kita para siwswa siswa aktifitas terus masih normal, karena jarak pandang masih terjangkau," kata Bupati Rohil H Suyatno Amp saat di wawancarai pelitariau.com, Rabu (2/9).

"Terang Bupati, ada dua titik api di daerah Semunai dan daerah Bangko Pusako, sekarang tim pak Camat telah di TKP, tapi asap yang melanda rohil hari ini bukan, asap yang berasal dari Rohil sendiri ini kiriman dari luar seperti jambi dan lain-lainyan yang melanda kabut asap di wilayah provinsi riau, khusus Rokan Hilir hari kita ketemukan dua titik api," sebutnya.

Kondisi sekarang ini, kita belum mendapat laporan yang jelas tim sudah berada di TKP bersama masyarakat. Belakangan ini khususnya di kota Bagansiapiapi ini di landa kabut asap, kabut asap ini kiriman dari luar rohil sendiri cuma dua titik saja, mudah mudahan tidak bertambah, kalau perlu no tidak ada sama sekali," harapan Bupati kepada masyarakat punya kebun jagan melakukan mebakaran, apa lagi cuaca saat ini sangat exstrim ini jagan membakar lahan lagi, sangat membahayakan kita bersama, di kabupaten Siak itu anak-anak sekolah telah di liburkan kita alhamdulilah cuaca dan udara masih bersahabat dengan Rohil.

"Mudah mudahan Rohil tidak ada lagi orang-orang yang membakar lahan, baik itu perusahan maupun perorangan," harapan Bupati.

Sementara itu kepala Badan BPBD Rohil Azhar MSi mengatakan, alhamduilah pembagian masker tadi di hadiri bapak Bupati Rohil, Plt Sekda dan Kepala Dinas Kesehatan Rohil, inikan wujud kepedulian kita sebagai BPBD terasa bertanggung jawab, karena dibelakangan ini kita di landa asap kiriman dari daerah luar.

Dalam minggu ini  hasil pemantauan hospot minim sekali, ini kirimana dari tetangga kita dari jambi. berapa kali mendekati kota jambi, atau kuansing, mandau dan berapa hari masuk ke Rohil, yang amsuk ke Roihil adalah sisa-sisanya.

"Alhamdulilah stock untuk pemagian masker masih cukup, dan kita juga telah meminta kepada BPBD Provinsi Riua agar dikirim lebih banyak lagi maskernya di Rohil. dan pembagian masker ini juga tidk hanya masyarakat bahkan anak-anak sekolah juga kita bagikan. kurangg lebih 1.500 masker telah kita bagikan kepada masyarakat dan anak-anak sekolah. Dan saran Bupati kalau bisa masker ini jagan pakai ikat, kalau bisa peraktis yang ada karet," bebernya.

Dengan ada pembaian masker ini tentu kita peduli dengan keselamatan masyarakat rohil, agar menjadi perihatin Provinsi maupun pusat, yang utama kita mengatisipasi karhutla ini. yang tidak kalah pentingannya , telah selesai karhutla tentu ada lagi bencana lain, yakni banjir. "Kita ketahui daerah Rohil daerah sakar sering terjadi banjir, kalau telah kejadian nanti kita minta persiapan kita sudah ada, dalam waktu dekat ini pemda Rohil telah anggarkan untuk kita dua mobil dan mungkin di APBD P selesai nanti dan bisa kita pergunakan dengan pegawai kita dan satgas-satgas kita," pungkasnya.***Adv/Humas/Jar