Meranti Raih Penghargaan Menkes

Senin, 31 Agustus 2015

PELITARIAU, Meranti- Besarnya perhatian Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti terhadap sektor kesehatan masyarakat yang  sangat diutamakan, membuat pemerintah pusat khususnya Kementerian Kesehatan mengapresiasi kinerjanya.

Salah satu bentuk apresiasi kinerjanya yakni dengan memberikan sebuah penghargaan. Penghargaan ini dikarenakan atas partisipasi aktif Pemerintah Kabupaten (Pemkab) melalui Dinas Kesehatan mendaftarkan warga miskin yang menjadi peserta Jamkesda ke Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS).

Melalui Kementerian Kesehatan (Kemenkes), pemerintah pusat akan memberikan penghargaan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) Award kepada Bupati Kepulauan Meranti, pemberian tersebut akan berlangsung pada Selasa (1/9) malam besok, di Gedung Kemenkes RI Jalan Rasuna Said, Jakarta.

Pemberian penghargaan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) Award ini rencananya akan diberikan oleh Menteri Kesehatan Nilla Djuwita F Moeloek kepada Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Meranti dr Irwan Suwandi mewakili Penjabat Bupati Kepulauan Meranti.

Dalam hal ini, dr Irwan Suwandi, pada  Minggu (30/8) mengatakan, "kalau Pemberian JKN Award ini dalam rangka ulang tahun ke-47 BPJS Kesehatan, Serta untuk Provinsi Riau sendiri, hanya Meranti, Dumai, dan Siak yang mendapatkan penghargaan ini," katanya.

Selain itu, ia juga menjelaskan bahwa dalam hal ini Pemkab Meranti memperoleh penghargaan ini atas partisipasi kita mengintegrasikan 40 persen peserta Jamkesda ke BPJS dalam waktu tiga bulan terakhir.

"Sesuai target pemerintah, seluruh peserta Jamkesda harus sudah terintegrasi ke BPJS pada 2016. Mengintegrasikan peserta Jamkesda ke BPJS ini juga sudah menjadi program prioritas kita. Dari bulan Juni hingga Agustus tahun ini kita sudah mengintegrasikan 12.810 jiwa warga miskin yang memegang Jamkesda ke BPJS. Jumlah ini sekitar 40 persen dari total warga miskin pemegang jamkesda yang berjumlah 32.658 jiwa. Tahun depan kita targetkan sisa 60 persen dari seluruh peserta Jamkesda ini sudah terintegrasi ke BPJS,” jelas Irwan.***wr