Panipahan Mulai Budidaya Kepiting Laut

Ahad, 30 Agustus 2015

internet

PELITARIAU, Bagansiapiapi- Sudah 5 bulan masyarakat Kepenghuluan Panipahan, Panipahan Laut dan Teluk Lukam membudidayakan Kepiting Laut di areal pekarangan rumah.

Inisiatif budidaya ini timbul dari cerita di kedai Kopi bersempana dalam reses anggota DPRD Rohil,  H Bakhtiar SH yang pada triwulan pertama reses juga mengutarakan budidaya kepiting laut.

Bakhtiar mengatakan,  budidaya tersebut sudah berlangsung sejak 5 bulan hingga sekarang.  "Sudah 5 bulan masyarakat memulai program budidaya kepiting, " kata Bakhtiar, Minggu (30/8).

Dikatakan Bakhtiar,  uji coba dari budidaya yang dimulai itu merupakan usaha yang menjanjikan untuk meningkatkan pendapatan masyarakat. "Dikatakan menjanjikan yaitu masyarakat membutuhkan modal 1 juta untuk tahap awal dan bisa mendapatkan hasil panen sebesar Rp7 juta selama lima bulan, " kata Bakhtiar.

Kemudian lanjutnya, untuk harga kepiting laut (kepiting hijau) saat ini berkisar Rp25 ribu perkilogram. Terkait hal ini kita meminta Dinas Perikanan untuk mengkaji budidaya kepiting di Panipahan. Diakui Bakhtiar,  yang menjadi kendala masyarakat membudidayakan adalah kurangnya alat pembudidayaan. "Nah kita harapkan Dinas Perikanan bisa meninjau langsung kondisi budidaya kepiting agar bisa melihat apa-apa yang menjadi kebutuhan teknis dalam pembudidayaan," sebut politisi partai Hanura.

Dalam hal ini,  imbuh politisi Bakhtiar, bagaimana Pemerintah mendorong agar pembudidayaan ini menjadi unggul dalam peningkatan taraf perekonomian nelayan. "Sejauh ini pembudidayaan masyarakat masih bersifat tradisional dari buah pikiran masyarakat, Mohon Pemerintah juga memperhatikan nelayan kepiting ini," ujarnya.***Jr