H Suyatno Buka Bimtek Pelaksanaan ADK Dan DK

Senin, 10 Agustus 2015

Bupati Rokan Hilir H Suyatno Amp membuka kegiatan Bimbingan Teknis Senin (10/8).

PELITARIAU, Bagansiapipai- Bupati Rokan Hilir H Suyatno Amp senin (10/8) membuka kegiatan Bimbingan Teknis ( Bimtek ) Pelaksanaan Alokasi Dana Kepenghuluan (ADK) dan Dan Kepenghuluan angkatan II, di gedung serbaguna, Bagansiapiapi.

Bimtek yang ke II yang dilaksanakan dikecamatan Bangko mengikuti wilayah Kecamatan Bangko,Sinaboi, Batu Hampar, Pakaitan, Pasir Limau Kapas. Tujuan acara Bimtek ini digelar yakni dalam rangka kita mempersiapkan diri, yang terutama kali para datuk penghulu dan Lurah beserta seluruh perangkat, untuk memahami arti sebuah anggaran dana desa yang kita gelontorkan.

Ini program-program baru, untuk perlu kita bekali ilmu yang akan di sampaikan para nara sumber, baik itu dari pihak kejaksaan maupun BKPP dan BPK RI. Kesemuanya itu adalah tujuan kita bagai nanti dalam mengelola dana ADD tersebut secara baik dan benar," kata Bupati Rohil H Suyatno Amp dalam membuka buka acara Bimtek kepada Penghulu dan Lurah, Senin (10/8) Bagansiapiapi.

" Makanya kita undang untuk diberikan pembekalan bimbingan teknis. Bila mana nanti, para kepala Desa, Penghulu maupun Lurah yang berada di Kabupaten Rokan Hilir, yang belum paham tentang cara mengunakan serta tentang cara membuat laporan dan lain sebaginya makanya kita berikan bimbingan tekbis. Mudah mudahan hasil dari pada kita laksanakan tahap kedua ini bisa membuahkan hasil yang sangat segnifikan sekali untuk semata-mata sempat para kepala Desa, Lurah yang mengelola dana ADD tersebut tersangkut dengan masalah hukum," ucapnya.

Dan tentunya kita berharap itu tidak akan terjadi. Kalau diikuti dengan baik serta di bantu dengan prangkat-prangkat desa lain, Kalau di ikuti dengan secara benar dan serius dan di bantu dnegan perangkat-perangkat yang lain, soalnya perangkat-perangkat lain itu juga kita undang. Kita harapkan mereka saling mengisi, saling memberikan informasi, saling berkoordinasi. Mudah-mudahan dengan adanya bimtek ini yang kita undang tidak hanya kepala Desa atau Lurah, perangkat mereka juga kita undang.

Lanjut Bupati, mudah mudahan ini tidak terjadi, kita harapkan laporannya bagus, baik dan benar. tapi kalau kita pikir-pikirkan soal sumber daya manusia para kepala Desa belum tajam. Makanya pemkab memerikan bimtek kepala Desa sedetil-detilnya tata cara untuk mengunakan dana Desa, tata cara kita membuat laporan yang baik dan benar, ini semuanya telah di tunjuk ajarkan dalam bimtek ini," bebernya.***Jar