Bupati Inhu Hadiri Wisuda AKBID Indragiri

Kamis, 30 Juli 2015

Bupati Inhu H Yopi Arianto SE didampingi Ketua DPRD Inhu Miswanto, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, Ketua YPI H Sunardi Ibrahim SSos, Perwakilan Kopertis Wilayah X, Direktur Akbid Indragiri Rengat berfoto bersama dengan wisudawati.

PELITARIAU, Rengat- Akademi Kebidanan Kabupaten Inhu (AKBID) kembali mewisuda sebanyak 103 mahasiswinya yang hari ini resmi dilantik dan diambil sumpahnya dengan gelar Ahli Madya Kebidanan. Dalam pelaksanaan wisuda yang sudah menginjak angkatan ke X ini, Bupati Inhu H Yopi Arianto SE juga turut hadir sekaligus menyaksikan pelaksanaan wisuda yang dilaksanakan di Gedung Kesenian, Jln. Ahmad Yani Rengat, Kamis, (30/7).

Selain Bupati, turut hadir juga beberapa pejabat diantaranya, Ketua DPRD Kab. Inhu, Miswanto, sejumlah unsur FKPD, Asisten, beberapa Kepala Dinas, Kepala Kantor, Kepala Bagian, perwakilan Kopertis Wilayah X, Direktur AKBID Inhu Venny Rismawanti S ST MPh serta para orang tua dan wali mahasiswi peserta wisuda.

Direktur AKBID, Venny Rismawanti SST MPh menyampaikan rasa syukurnya atas kelancaran dari penyelenggaraan wisuda ini. Selama 13 tahun keberadaan AKBID di Inhu dirasa terus mengalami perkembangan yang positif.

Hal tersebut ditunjukkan dengan pencapaian status Akreditasi B yang saat ini telah berhasil dicapai. Disamping itu, selama perjalanan belasan tahun tersebut, AKBID Inhu juga telah berhasil meluluskan sebanyak 930 tenaga bidan yang mampu memberikan pengabdian serta mengaplikasikan ilmu kebidanannya bagi masyarakat.

Pada wisuda kali ini, dua mahasiswi lulusan AKBID berhasil lulus dengan predikat cumlaude, yaitu Yunriani dengan Indeks Prestasi 3,60 dan Septiana Nadia Tamaella dengan Indeks prestasi 3, 51. Menurut rencana, pada tanggal (4/9) mendatang, para lulusan akan didaftarkan untuk mengikuti uji kompetensi kebidanan secara online yang serentak dilaksanakan diseluruh Indonesia.

Dalam kesempatannya, Ketua Yayasan Pendidikan Indragiri, H Sunardi Ibrahim SSos MM, mengapresiasi kepada seluruh jajaran di lingkungan AKBID yang selama ini telah memberikan  bimbingan terbaik kepada para lulusannya. Ia berharap, kerjasama yang selama ini terjalin dapat terus dipertahankan demi kemajuan dunia pendidikan di Inhu.

Eli Susanti SE MM selaku perwakilan koordinator kopertis wilayah X juga mengapresiasi atas kemajuan yang sudah dicapai oleh AKBID Kabupaten Inhu. Berangkat dari fungsi kopertis sebagai perpanjangan tangan dari Ditjen Dikti, menilai keberadaan AKBID Indragiri selama ini dianggap mampu berjalan sesuai aturan yang sudah ditetapkan. Diharapkan, kedepan AKBID Inhu dapat terus meningkatkan prestasi serta akreditasinya.

Sementara itu, usai menyerahkan piagam penghargaan kepada salah satu mahasiswi berprestasi, Bupati Inhu, H Yopi Arianto SE, dalam sambutannya juga menyampaikan selamat kepada para lulusan. Profesi bidan merupakan profesi yang dianggap begitu penting keberadaannya bagi masyarakat.

Atas nama Pemda Inhu, ia akan terus berusaha meningkatkan kesejahteraan para tenaga kesehatan demi pencapaian peningkatan dunia kesehatan di Inhu. Terkait peluang bagi para bidan, pemerintah juga akan terus melakukan program-program yang memerlukan kontribusi dari para bidan.

"Sebagai bentuk penghormatan atas profesi bidan, Pemkab Inhu akan menyerahkan 18 unit sepeda motor bagi para bidan yang bertugas dipelosok desa. Tidak dapat dipungkiri, perkembangan pembangunan di Inhu khususnya sektor kesehatan terus mengalami peningkatan signifikan," jelas Bupati.

Lanjutnya, hal tersebut dapat dilihat dari berbagai pembangunan sarana dan prasarana kesehatan, antara lain pembangunan Pustu sebanyak 143 unit yang tersebar disejumlah kecamatan, fasilitas mobil ambulance, pembangunan Puskesmas Rawat Inap yang dilengkapi pemenuhan aliran listrik yang memadai.

"Ini menjadi bukti prestasi yang ingin terus ditingkatkan Pemkab Inhu. Maka dari itu, kedepannya ia berharap kepada wisudawati untuk dapat meningkatkan keprofesionalitasan kinerja, dalam melaksanakan tugas kemanusiannya bagi kesejahteraan  masyarakat Inhu," punkasnya.***Rd