MTQ ke- VII Meranti, Kecamatan Tebingtinggi berhasil meraih predikat juara umum

Kamis, 30 Juli 2015

Tuan rumah Kecamatan Tebingtinggi Kepulauan Meranti berhasil meraih predikat juara umum pada Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke- VII Tingkat Kabupaten Meranti yang berakhir Rabu (29/7) malam,

PELITARIAU, Meranti - Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke- VII Tingkat Kabupaten Kepulauan Meranti, Tuan rumah dari Kecamatan Tebingtinggi berhasil meraih predikat juara umum MTQ yang berakhir Rabu (29/7) malam, di Halaman rumah Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) Jalan Dorak Selatpanjang.



Penetapan Qoriah terbaik jatuh kepada Qoriah Robiatul Hasana, Berdasarkan surat keputusan Dewan Hakim MTQ ke- VII, dalam Cabang Tilawah Dewasa dengan jumlah nilai 92.8 Utusan Kecamatan Rangsang Barat.

 

Sementara Perolehan total nilai MTQ per Kecamatan yakni Kecamatan Tebingtinggi meraih jumlah nilai tertinggi 75 poin, Rangsang Barat 35 poin, Tebingtinggi Barat 34 poin, Rangsang 32 poin, Pulau Merbau 29 poin, Tasik Putri Puyu 28 poin, Rangsang Pesisir 14 poin, Tebingtinggi Timur 12 poin, dan Merbau 6 poin. Dengan hasil itu, Kecamatan Tebingtinggi berhak menyandang gelar juara umum dan mempertahankan piala bergilir MTQ tingkat Kabupaten.

 

Asisten II Sekdakab Meranti, Anwar Zainal, saat menutup MTQ ke- VII mengatakan bahwa pelaksanaan MTQ Kabupaten Meranti merupakan wujud nyata praktek pembangunan bidang kerohanian dan mental, menuju masyarakat Meranti yang Madani."Pembangunan yang kita lakukan bukan hanya di bidang Infrastruktur, Ekonomi tetapi juga dibidang mental dan spiritual masyarakat agar menjadi insan yang beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT," ujarnya.

 

Seperti diketahui dalam MTQ Provinsi tahun 2013 lalu, Kabupaten Meranti sebagai sebuah Kabupaten baru telah berhasil menorehkan prestasi luar biasa dengan meraih peringkat II, dimana sebelumnya diawal terbentuk hanya berada diperingkat 10. Bupati berharap prestasi tersebut dapat ditingkatkan pada MTQ Provinsi di Kabupaten Siak, pada bulan Oktober mendatang.

 

Selain itu, Lanjutnya, MTQ tingkat Kabupaten ini bertujuan untuk menjaring Qari dan Qariah dari seluruh Kecamatan dan Desa yang ada di Kepulauan Meranti, "Nantinya, bagi yang berprestasi akan mewakili Meranti untuk mengikuti ajang yang lebih tinggi, dan Meranti ini akan menjadi gudangnya Qari dan Qariah di Provinsi Riau dan Kepulauan Riau," papar Anwar Zainal.

 

Sementara itu, Ketua Pelaksana Camat Tebing Tinggi Drs. Asrorudin, mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mensukseskan acara MTQ, diakuinya kesuksesan MTQ kali ini telah menjadi kebanggaan masyarakat Meranti khususnya masyarakat Kecamatan Tebingtinggi, semoga menjadi sarana posisitif pengamalan Al-Quran dan peningkatan ukuah islamiah.

 

"Dalam MTQ tersebut, Kecamatan Tebingtinggi selaku tuan rumah berhasil mempertahankan gelar juara umum, keberhasilan itu berkat perjuangan sengit dari Qori dan Qoriah Kecamatan Tebingtinggi yang mengikuti berbagai cabang yang diperlombakan dalam MTQ Ke-VII Tingkat Kabupaten Meranti. Kecamatan Tebingtinggi ini, mendominasi perolehan nilai jauh diatas Kecamatan lainnya," ungkap Asrorudin.

 

Untuk diketahui, Adapun cabang yang diperlombakan dalam MTQ kali ini adalah Cabang Tilawatil Quran, Tilawah anak, remaja, dewasa, cacat netral, Tartil Quran, Qira'ah, Ifzil Al-Quran, Tafsir Quran, Qatil Quran, Fahmil Quran, Syahril Quran, dan Musabaqah Pemahaman Quran.