Pembangunan Dilakukan melalui Dana APBN Murni 2014 Sekitar Rp11 miliar

Rabu, 27 Agustus 2014

Ilustrasi

PELITARIAU, PASIRPANGARAIAN - Pemerintah Pusat berencana membangun sarana air bersih di Desa Kepayang, Kecamatan Kepenuhan Hulu, Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) pada tahun ini. Pembangunan dilakukan melalui dana APBN Murni 2014 sekitar Rp11 miliar melalui sistem multiyears.

Kepala Dinas Tata Ruang dan Cipta Karya (TRCK) Rohul Yusri, melalui Kasi Air Bersih dan Sanitasi Yondri Elfian mengatakan proyek air bersih di Desa Kepayang merupakan kegiatan pembangunan instalasi pengolahan air (IPA), menggunakan pipa, intake dan fasiltas pelengkap lain berkapasitas 20 liter per detik.

Pembangunan IPA di Kepenuhan Hulu rencananya mulai dikerjakan pekan depan oleh rekanan pelaksana, setelah dua pekan sebelumnya pihak Direktorat Jendral Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum bersama pihakan kontraktor pemenang lelang turun ke lapangan melihat lokasi, seperti dilansir riauterkini.com.

IPA akan dibangun menggunakan lahan 50 meter kali 50 meter menggunakan intake atau penyedot air baku yang telah disiapkan oleh pemerintah pusat.

Adanya bantuan itu, sampai Agustus 2014, pemerintah pusat telah mengucurkan dana sekitar Rp44 miliar melalui program air bersih di Kabupaten Rohul. Sementara tahun sebelumnya sekitar Rp34 miliar.

Yondri menjelaskan Pemkab Rohul menargetkan, paling lambat 2016, kebutuhan air bersih untuk ibukota kecamatan di Rohul telah terpenuhi.

Kini, di empat dari 16 kecamatan di Kabupaten Rohul sedang dilakukan pembangunan IPA, perpipaan dan fasilitas pelengkap lain seperti di Kecamatan Kabun, Pagarantapah Darussalam, Kuntodarussalam serta di Desa Rantau Panjang Kecamatan Tambusai.

"Dana pembangunannya juga bersumber dari dana APBN tahun 2014," jelas Yondri dan mengakui sebelum akhir tahun ini, proyek harus diselesaikan pihak kontraktor.

Meski demikian Yondri mengakui, sampai saat ini ada empat kecamatan yang belum dibangun sarana air bersih sistem perpipaan seperti di Kecamatan Tambusai Utara, Bonaidarussalam, Rokan IV Koto dan Pendalian IV koto.

Sementara, sebelumnya, Bupati Rohul Achmad dan Wakil Bupati Rohul Hafith Syukri menargetkan sebelum masa bhakti mereka habis pada 2016, sarana air bersih telah dibangun di 16 kecamatan. (PR-cr.Ram)