Kecamatan Pekaitan Panen Raya Kedelai

Jumat, 24 Juli 2015

ilustrasi@net

PELITARIAU, Bagansiapiapi- Kabupaten Rohil termasuk daerah yang dinilai berhasil melaksanakan program swasembada pangan Nasional, salah satunya dengan dilakukan panen raya kacang kedelai di Kecamatan Pekaitan.

Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Rohil Muslim, disela panen perdana kacang kedelai, Kamis (23/7/15), mengatakan panen raya perdana kacang kedelai di Kecamatan Pekaitan mendukung program swasembada pangan pusat. Adapun luas areal kacang kedelai yang berhasil dipanen mencapai 475 hektar.

"Total lahan awal yang disiapkan 1.275 hektar khusus menanam kedelai. Namun, sayang karena musibah banjir akibatnya 800 hektar gagal panen (fuso)," ungkapnya.

Menurut perhitungan statistik, jelasnya, setiap hektar lahan yang dipanen menghasilkan 2 ton lebih kacang kedelai, dengan taksiran harga Rp6 ribuperkilonya.

Keberhasilan ini, lanjutnya, masyarakat kedepanya dapat mempertahankan hasil produksi tersebut, bahkan kalau dapat ditingkatkan. Upaya penanganan mengantisipasi banjir kedepan, dapat dilakukan normalisasi.

"Lahan-lahan yang ada di Rohil ini bisa dimanfaatkan untuk ketahanan pangan. Khusus untuk di Pekaitan kedepannya dipertahankan dan dilestarikan penanaman kedelainya," imbuhnya.***Jar