Bupati Inhu Jadi Irup Operasi Ketupat

Kamis, 09 Juli 2015

PELITARIAU, Rengat- Bupati Inhu H Yopi Arianto SE, bertindak selaku irup pada pelaksanaan Apel Gelar Pasukan Pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1436 H Tahun 2015. Hadir dalam apel tersebut, seluruh unsur FKPD, Kadis, Kaban, Kakan, Camat, dan serta  sejumlah pejabat di Lingkungan Pemkab Inhu.
 
Sebelum menyampaikan amanatnya, Bupati Inhu H Yopi Arianto SE, menyematkan pita kepada anggota perwakilan dari Kepolisian, TNI, Dishub dan Satpol PP sebagai tanda dimulainya Operasi Ketupat Siak 2015.
 
Dalam amanatnya Bupati Inhu menyampaikan bahwa Apel gelar pasukan ini di selenggarakan secara serentak di seluruh Polda untuk mengecek kesiapan akhir pengamanan Hari Raya Idul Fitri terutama terkait dengan kekuatan personel, kelengkapan peralatan, sarana prasarana dan kesiapan institusi lain yang terlibat, sebelum melaksanakan tugas di lapangan.
 
"Beberapa aktivitas masyarakat yang perlu di perhatikan adalah pelaksanaan ibadah puasa, Takbiran, Sholat Ied, Kegiatan transaksi belanja, mudik, rekreasi atau wisata serta kegiatan distribusi bahan pokok masyarakat dan bbm. Sedangkan permasalahan  Kamseltibcar Lantas yang harus kita atasi karena adanya peningkatan volume arus lalu lintas kendaraan dan barang yaitu kemacetan dan kecelakaan lalu lintas," jelasnya.
 
Lanjutnya, Berdasarkan data operasi jalur jalan yang paling tinggi angka kecelakaan adalah jalur pantura dan kendaraan yang tercatat mengalami kecelakaan lalu lintas dengan jumlah angka tertinggi yaitu sepeda motor dan mobil penumpang, hal ini di sebabkan oleh beberapa faktor yaitu faktor manusia, faktor alam, faktor kelalaian kendaraan, faktor kondisi jalan, dan faktor prasarana jalan. 
 
"Ada beberapa hal yang harus di pedomani dan di laksanakan dengan penuh tanggung jawab yaitu menyiapkan dan pelihara kondisi fisik serta mental, melayani masyarakat, meningkatkan kepekaan terhadap lingkungan, tingkatkan kewaspadaandan siaga, melakukan tindakan proaktif dan antisipatif serta menyiapkan peralatan sarana dab prasarana. Dan yang terakhir  adalah melakukan  komunikasi, koordinasi dan kedepankan kerjasama," imbuhnya.
 
Sebelum meninggalkan Lapangan upacara Bupati Inhu H Yopi Arianto SE beserta sejumlah pejabat turut mendampingi Kapolres Inhu menandatangani berita acara pemusnahan barang bukti, dan melakukan pemusnahan barang bukti berupa miras, petasan, dan tuak.***Rdy