Miskiyah Juara I Lomba Perpustakaan Desa Tingkat Provinsi Riau

Senin, 06 Juli 2015

Miskiyah juara I lomba perpustakaan Desa di Provinsi Riau.

PELITARIAU, Bagansiapiapi- Miskiyah SPd kembali mengharumkan nama Kabupaten Rokan Hilir dalam Lomba Perpustakaan Desa meraih Juara I se Provinsi Riau. Dengan demikian akan mewakili Riau ditingkat Nasional. 
 
 
"Alhamdulillah menang, saya ditunjuk mewakili Rohil," kata Miskiyah, Senin (6/7) di Bagansiapiapi. Pelaksanaan lomba ini tepatnya 11 Juni lalu di Gedung Perpustakaan di Pekanbaru. Sebanyak 12 perwakilan Kabupatan/kota ambil bagian dalam lomba ini. Miskiyah mengaku bangga sekaligus terharu karena Perpustakaan Desa yang ia kelola kini sudah memiliki 15 ribu judul buku," ujarnya.
 
Lanjutnya, Bukunya perlahan saya kumpulkan, kemudian didukung juga oleh pak Penghulu Panipahan Kota M Idris Daud. Meskipun rata-rata merupakan buku bekas namun masih bisa dimanfaatkan bagi masyarakat untuk membaca. Perpustakaan desa miliknya sudah aktif sejak tahun 2012 silam dan tiap hari ratusan pengunjung datang.
 
Besar harapannya perpustakaan desa yang dikelolanya bisa besar, apalagi di Panipahan merupakan Kecamatan terpencil yang memang banyak masyarakat yang haus akan informasi. "Kasihan masyarakat, kalau saja perpustakaan ini bisa dikembangkan pasti akan menambah wawasan masyarakat kita disini,’’ ujarnya.
 
Dalam lomba tersebut Miskiyah mempresentasikan, apa yang ia sampaikan mampu menggugah hati dewan juri dan diputuskan menjadi pemenang dan menjadi perpustakaan desa percontohan di Riau. "Dalam waktu dekat tim Provinsi akan datang ke Panipahan untuk melihat lamgsung," katanya.
 
Untuk lomba tingkat Nasional dijadwalkan pada Juni mendatang, Miskiyah akan mewakili Riau dan bertekad membawa harum nama Riau dan Rohil khususnya.
 
"Insya Allah yakin, apalagi didukung oleh ibu Hj Tuti selaku Kepala Perpustaakan dan Arsip Rohil serta pak Andi yang mendampingi saat lomba," imbuhnya.
 
Miskiyah mendapatkan Trophy dan Piagam karena terpilih menjadi Juara I serta uang pembinaan dari panitia. Uang ini akan digunakan untuk membesarkan Perpustaakan Desa yang ia kelola.***Jar