Kemenkes Siagakan 870 Pos Kesehatan di Jalur Mudik Lebaran

Selasa, 30 Juni 2015

Ambulans Kementerian Kesehatan (Foto: Dewi/Okezone)

PELITARIAU, Demi menurunkan angka kecelakaan saat mudik Lebaran, Kementerian Kesehatan menyiagakan pos kesehatan di titik-titik jalur mudik Lebaran yang tersebar di Jawa, Bali, Sumatera, hingga Sulawesi.

Menteri Kesehatan (Menkes) Prof Dr dr Nila F Moeloek SpM(K) mengatakan, mudik adalah tradisi masyarakat Indonesia yang melibatkan banyak orang. Ini merupakan budaya yang cukup baik untuk bersilaturahmi dengan keluarga.

"Kami dari Kementerian Perhububungan dan Kementerian Kesehatan, tahun ini menyiapkan 870 pos kesehatan, 1.094 puskesmas, serta 1.554 rumah sakit disiagakan 24 jam selama arus mudik di Sumatera, Jawa, dan Bali," kata Menkes Nila saat Apel Siaga Kesiapan Bidang Kesehatan Mudik Lebaran 2015, di Lapangan Kementerian Kesehatan RI, Jakarta, Selasa (30/6/2015).

Data Kementerian Perhubungan RI menunjukkan, jumlah pemudik setiap tahun meningkat sekira 1,96 persen atau 20 juta pemudik di tahun 2015. Arus mudik kini juga lebih banyak di 10 provinsi, mulai dari Sumatera Selatan hingga Sulawesi Selatan.

"Saat mudik yang dikhawatirkan yaitu rawan kecelakaan dan berdampak pada kematian. Itu yang harus kita cegah karena jika ada satu kecelakaan saja bisa memengaruhi kehidupan orang lain," imbuh Menkes Nila.

Lebih lanjut, Menkes Nila mengatakan, angka kecelakaan pada 2014 jumlahnya menurun bila dibandingkan 2013. Sesuai data Polri, tercatat 3.122 kasus kecelakaan atau dengan presentasi 11,824 persen di tahun 2014.

"Doa dan harapan kita bisa menurunkan angka kecelakaan mudik. Kami juga menginginkan peningkatan dan kesadaran pemudik tentang mudik yang aman dan sehat," tutup Menkes Nila.***okezone