Kompak Puasa Besok, Salat Tarawih Dimulai Malam Ini

Rabu, 17 Juni 2015

Mnteri Agama Lukman Hakim didampingi ketua MUI Din Syamsudin

PELITARIAU, Jakarta- Harapan masyarakat terwujud. Dua ormas besar keagamaan di negara ini, Nahdlatul Ulama (NU) dan Muhammadiyah serta pemerintah kompak menyatakan puasa Ramadan 1436 H dimulai Kamis (18/6) besok. Oleh karena itu, Salat Tarawih dimulai malam ini.

Keputusan resmi awal Ramadan diputuskan dalam sidang itsbat yang dipimpin Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin di Jakarta, Selasa (16/6).

“Alhamdulillah, puasa kali ini bisa dilakukan serentak, secara bersama-sama. Ini adalah cerminan kebersamaan umat Islam di Indonesia. Semoga kebersamaan dan kekompakan ini bisa terus dibangun dari waktu ke waktu,” kata dia.

Berbeda dengan keputusan sidang itsbat, jemaah Tarekat Naqsabandiyah di Sumbar, sudah memulai puasa pada Selasa kemarin. Dasarnya adalah metode hisab munjid. Menurut pemimpin mereka, Mursyid Syafri Malin Mudo, metode hisab munjid adalah menghitung hari puasa berdasarkan almanak tahunan.

Mursid mengaku kurang bisa memercayai hasil rukyatul hilal karena diperlukan saksi sebanyak empat ulama yang adil.***banjarmasin.tribunnews