Rangkaian Kegiatan Di Acara Balimau Kasai Potang Mogang

Selasa, 16 Juni 2015

Bupati Pelalawan HM Harris memandikan air limau kasai petanda dimulainya prosesi adat potang mogang.

PELITARIAU, Pelalawan - Bupati Pelalawan HM Harris selaku Datuk Setia Amanah Payung Panji Adat secara resmi membuka prosesi upacara adat mandi "Balimau Kasai Potang Mogang" , Senin sore (15/6).

Adapun sejumlah rangkaian menyambut bulan suci Ramadhan 1436 Hijrah tingkat kabupaten Pelalawan di pusatkan di kecamatan Langgam.

Selain itu, Ritual adat dalam menyambut bulan suci Ramadahan ini, hampir setiap tahun di pusatkan di Kecamatan Langgam. Sedangkan rangkaian kegiatan, sebelum acara puncak digelar. Seperti Tablik Akbar, Ziara Kubur Akbar, Ceramah adat Akbar dan sebagai puncak acara adalah ‘’Balimau Kasai Potang Mogang’’.

Untuk puncak potang mogang sendiri, Bupati Pealawan HM  Harris meletuskan beberapa tembakan pistol dengan peluru kosong udara. Kemudian,  20 unit sampai hias dilepas , guna memeriahkan potang mogang ini tentunya.

Dalam kesempatan tersebut,  Bupati Pelalawan HM Harris menyebutkan bahwa potang mogang ini adalah sebagai salah satu tradisi, yang mesti dilestarikan.  Dan  banyak makna yang tersirat dengan kegiatan ini, diantaranya sebagai salah satu bentuk ajang silahturahmi.

"Kegiatan ini adalah untuk melakukan maaf-maafan antara anak dan kemenakan. Sebab, di negeri Pelalawan ini khususnya, di kecamatan Langgam tentunya, adat itu masih terjaga dengan baik, Tutup Harris.***And