Kepala Desa se Meranti Juga Pelajari Ilmu Baris Berbari

Ahad, 14 Juni 2015

PELITARIAU, Jatinangor - Rangkaian kegiatan orientasi Kepala Desa dan Lurah se-Kabupaten Kepulauan Meranti di Kampus Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) Jatinangor, Jawa Barat, tidak hanya dilakukan dengan penyampaian teori di dalam ruangan. Para Kades dan Lurah juga mendapat materi praktek baris-berbaris di lapangan.

Jumat (12/6) pagi, 90 lebih Kades dan Lurah sudah diantar menggunakan Bus ke lapangan disisi belakang Kampus IPDN Jatinangor.

Di lapangan itu sudah menunggu tiga Instruktur dari TNI Angkatan Darat yang ditugaskan melatih di IPDN, antara lain Pembantu Letnan Satu Gunadi, Sersan Mayor Solehuddin dan Sersan Mayor Azmi.

Dibawah pancaran matahari pagi, berbagai teknik dasar baris berbaris dicontohkan Instruktur TNI AD dan dipraktekkan oleh seluruh peserta orientasi. Kegiatan out bound ini juga langsung dipantau oleh Kabid PMD Kabupaten Kepulauan Meranti, Mardiansyah SSTP dan staf lainnya.

Sersan Mayor Solehuddin, saat menyampaikan materi mengatakan, pengetahuan tentang baris berbaris mesti dikuasai oleh para Kepala Desa dan Lurah, karena sesuai dengan aktifitas pemerintahan yang dipimpin, para Kades dan Lurah sering berhadapi kegiatan upacara hari-hari besar kenegaraan.

"Termasuk jika nanti saat akan menggelar upacara-upacara kenegaraan di lingkungan Desa dan Kelurahan sendiri, setidaknya para Kepala Desa dan Lurah bisa menularkan pengetahuan tentang teknik baris-berbaris sesuai standar yang sebenarnya," kata Serma Solehuddin.

Kepala Desa Tanjung Kedabu, Posma Marhutala, usai latihan sesi pertama mengatakan, teknik baris-berbaris yang disampaikan Instruktur dari TNI AD itu sangat penting dan sangat bermanfaat bagi pengetahuan dan peningkatan wawasan sebagai Kepala Desa.

"Materi yang disampaikan Instruktur sangat baik, detail, mudah dipahami dan dipraktekkan. Setidaknya ini sangat bermanfaat bagi kami Kepala Desa dalam mengetahui standar teknik baris-berbaris yang benar," ucapnya.***Don