Disnakertrans Dumai Kembali Taja Pelatihan Gratis

Ahad, 24 Agustus 2014

PELITARIAU, DUMAI - Dalam rangka meningkatkan ketrampilan dan keahlian masyarakat, Pemerintah Kota Dumai melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi setempat mengadakan pelatihan kerja gratis bagi masyarakat Dumai maupun Provinsi Riau.

Kgiatan ini akan dibuka Senin (25/8/14), di Balai Latihan Kerja (BLK) Kota Dumai di Jalan Raya Bukit Timah oleh Kepala Disnakertrans Kota Dumai Amiruddin.

"Pelatihan kerja ini akan dapat meningkatkan keterampilan masyarakat, dan dapat pula membuka lapangan kerja yang pada gilirannya dapat mengurangi tingkat pengangguran," ungkap Amiruddin kepada riauterkinicom, Ahad (24/8/14), seperti dilansir riauterkini.com.

Ada pun pelatihan gratis itu meliputi, pelatihan komputer, las listrik, sepeda motor, mobil, tata boga, menjahit, bordir dan pelatihan bidang pertanian (jamur dan holtikultura), processing (pengolahan hasil pertanian).

"Pendaftaran sebagai peserta pelatihan kerja gratis sudah dibuka sejak 20 Juni dan berakhir 18 Agustus 2014 lalu. Peserta yang sudah masuk daftar nantinya akan mengikuti pelatihan itu," kata Kadisnakertrans Kota Dumai.

Sebagai syarat pendaftaran, lanjut Amiruddin, peserta berusia 18 s/d 48 tahun, menyerahkan foto copy KTP dan foto copy ijazah terakhir serta menyerahkan pas photo unkuran 3 X 4 sebanyak 6 lembar.

"BLK Kota Dumai juga memberikan fasilitas bagi peserta diantaranya; uang saku, makan siang, asrama bagi peserta di luar Dumai serta baju kerja. Semua itu tujuannya untuk meningkatkan ketrampilan masyarakat," ungkapnya

Dalam kesempatan itu, Amiruddin mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau yang sengaja melaksanakan kegiatan pelatihan kerja terhadap masyarakar Riau pada umumnya dan khususnya masyarakat Dumai.

Menurut Amiruddin, pelatihan hendaknya dilakukan sesuai kebutuhan pasar kerja. Artinya agar tenaga kerja yang telah mendapat pelatihan hendaknyadapat terserap perusahaan-perusahaan yang beroperasi di Dumai.

"Pelatihan tenaga kerja sesuai kebutuhan perusahaan sangat diperlukan, karena dapat dengan cepat mengurangi tingkat pengangguran di kota Dumai. Maka dari itu, kegiatan semacam ini akan terus dibuat," pungkasnya. (PR-cr.Ram)