Warga Keluhkan Bau Limbah Rutan Bagansiapaipi.

Senin, 08 Juni 2015

Tampak petugas Rutan Cabang Rohil menunjuk selokan yang dialiri limbah di lingkungan Rutan Rohil

PELITARIAU, Bagansiapiapi - Warga yang berada di Jalan Dr Pratomo dan Jalan Masjid Kelurahan Bagan Kota Kecamatan Bangko Kabupaten Rohil, saat ini mengeluhkan bau limbah yang sering keluar dari selokan rumah tahanan cabang Bagansiapiapi.

Baulimbah tersebut sudah meresahkan masyarakat, dimana limbah bau menyengat diduga keluar dari yang dari dalam Rutan.

Seperti yang dikatakan Safei (50) warga setempat mengatakan, persoalan ini sudah lama dialaminya. "Tidak hanya kita yang menghirup limbah ini, tapi anak-anak sekolah di SD Batu Hampar, termasuk Jemaah Masjid Raya juga mencium baunya," kata Syafei. Ia juga mengakui telah menemui pihak Rutan namun jawabannya masih menunggu.

"Sudah beberapa kali kami datangi, tapi katanya menunggu bantuan dari pemda setempat untuk pembuatan sepiteng yang baru," katanya lagi. Bahkan ia dan masyarakat lainnya sepakat akan menutupi aliran limbah itu sehingga tidak mengalir kepemukiman serta rumah ibadah. "Ini kan mau puasa, jadi tak mungkinlah bau tak sedak kita hirup," kata Syafei yang juga Kasi Ops Satpol PP Rohil.

Sementara itu, Kepala Rutan Bagansiapiapi Suparman mengakui bahwa belum lama ini sudah ada pihak Bapedalda yang turun mengecek langsung. "Benar, Bapedalda sudah datang, solusinya kemungkinan akan dibuat sepiteng," kata Suparman.

Ia menegaskan bau yang keluar itu diakuinya selama ini sudah dilakukan penyaringan dengan memakai ijuk, sehingga yang keluar hanya air dan bukan kotoran.

"Kita sudah jelaskan bahwa limbah itu sudah kita saring sehingga yang mengalir tinggal air saja bukan kototan lagi," jelas Kepala Rutan.***jar