Pemkab Inhu Gelar Rapat Koordinasi Camat Lurah dan Kades se-Inhu

Senin, 08 Juni 2015

Aisten I Setda Inhu Mewakili Bupati Inhu dalam acara Rapat Koordinasi Camat,Lurah dan Kades se-Inhu

PELITARIAU, Rengat - Bupati Indragiri Hulu (Inhu) yang diwakili Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Inhu Drs H Asriyan MSi membuka secara resmi fasilitasi pelaksanaan rapat koordinasi pemerintahan camat, lurah dan kepala desa se Kabupaten Inhu yang dilaksanakan di Gedung Sejuta Sungkai Rengat, Senin (8/6) pagi.

Rapat koordinasi ini diselenggarakan untuk meningkatkan profesionalisme dan pemahaman bagi para camat, lurah dan kepala desa terkait implementasi kebijakan serta aturan yang berlaku, termasuk mengenai pengelolaan keuangan desa.

Hadir pada rapat koordinasi tersebut Ketua DPRD Inhu Miswanto dan sejumlah anggota DPRD Inhu serta para pejabat dilingkungan Pemkab Inhu. Sedangkan narasumber diantaranya Ketua Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Riau Panijo, Konsultan Kemendagri Ir Muhammad Asmelda serta Kepala Bapemaspemdes Inhu Drs H Suratman.

Kepala Bagian Administrasi Pemerintahan Umum Setda Inhu Hendry SSos MSi menyampaikan bahwa kegiatan ini diikuti 208 orang camat, lurah dan kepala desa se Kabupaten Inhu. Diharapkan melalui kegiatan ini, camat, kepala desa dan lurah mampu memahami berbagai aturan yang berlaku dan dapat diimplementasikan dalam menjalankan roda pemerintahan di desa.

“Salah satu fokus dari kegiatan ini tentang pengelolaan dana desa, sehingga alokasi yang sudah dikucurkan pemerintah dapat dikelola secara baik dan sesuai dengan aturan yang berlaku. Sebab berdasarkan data dari Bapemaspemdes Inhu, alokasi dana desa untuk tahun 2015 ini saja mencapai Rp 48,5 miliar,” tuturnya.

Sementara itu, Bupati Inhu yang diwakili Asisten Pemerintahan dan Kesra Drs H Asriyan MSi berharap seluruh kepala desa dapat mengikuti kegiatan tersebut dengan baik, sebab desa akan menerima alokasi anggaran yang cukup besar, baik dari pemerintah pusat, provinsi maupun kabupaten.

“Karena itu, Bupati minta agar BPKP dapat memberikan pemahaman kepada seluruh kepala desa melalui kegiatan ini, sehingga dalam pengelolaan anggaran yang diterima tidak menjadi persoalan hukum dikemudian hari,” tuturnya.

Pada kesempatan tersebut, Asriyan juga minta kepada camat, lurah dan kepala desa untuk bersama-sama mensukseskan pelaksanaan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Inhu yang akan dilaksanakan tanggal 9 Desember 2015. Sebab camat, lurah dan kepala desa merupakan ujung tombak ditengah masyarakat.***Rdy