Kasad Resmikan Bakti Sosial TNI dan IBI KB Kes di Rohil

Sabtu, 14 Maret 2015

Kasad Resmikan Bakti Sosial TNI dan IBI KB Kes di Rohil

 

PELITARIAU, Bagansiapiapi - Kasad Jendral TNI Gatot Nurmantiyo meresmikan bakti sosial kesehatan, kerja sama TNI AD, pemda dan Indoagri Group dan IBI KB Kes Provinsi Riau di PT Salim Ivomas Pratama, Tbk Kebun Kayangan. Peresmian dihadiri Plt Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachmat, Bupati Rohil Suyatno, jajaran TNI lainya serta pihak perusahaan.

 

Peresmian Kamis (12/3) ditandai pemukukan gong, dihadiri ribuan masyarakat dan undangan disuguhi drama treatikal perjuangan oleh sejumlah pelajar dilingkungan perusahaan, dengan kesimpulan NKRI harga mati.
 
Usai meresmikan, Kasad berkesempatan berdialog dengan peenderita katarak, dan ada diantaranya sudah sepuluh tahun buta total tidak melihat istrinya, sekarang sudah bisa. "Ternyata cantik istri saya," kata warga tersebut.
 
Kasad juga berkesempatan meninjau sejumlah tenda, mulai posko swasembada pangan wilayah Kodim 0303/Bengkalis, rumah pintar, pelayanan KB, donor darah, posko pelayanan kesehatan.
 
Usai meninjau, ketika diwawancara, Kasad mengatakan, ada seribu penderita katarak yang diseleksi, namun hanya 500 yang diobati.
 
"Jadi seleksi untuk katarak seribu, seribu itu bukannya tidak mau kita layani, tetapi berdasarkan kesehatan dan lain sebagainya, sehingga yang bisa diatasi 500. 500 akan diseleksi lagi mudah mudahan bisa bertambah 600,” katanya.
 
Kasad menyatakan ini suatu hal yang baik. "Mengapa demikian, yang namanya operasi takut, alhamdulillah disini tidak. Sekarang sudah mulai berani, gitu. Mudah mudahan semakin hari semakin meningkat, dan yang kita lihat tadi, bukan hanya yang tua, tapi yang muda,” tambahnya.
 
Diharapkan Kasad untuk masyarakat, karena kegiatan ini merupakan gotong royong, bukannya dititik beratkan pada tentara, pemda, perusahaan saja, tapi akumulasi masyarakat sesuai perintah Presiden.
 
TNI AD katanya mempunyai program menyangkut teritorial, artinya lebih mencintai masyarakat, harus memahami, juga peduli, apa kebutuhan masyarakat sebenarnya. "Berbuat untuk mengatasi kesulitan masyarakat," tutupnya yang terburu-buru menuju heliped.
 
Sementara itu Bupati Rohil Suyatno melalui Kabag Humas Hermanto mengapresiasi kegiatan itu, karena membantu banyak masyarakat, TNI dinilai telah menunjukkan abdi nyatanya kepada masyarakat.*Adv/Jar