Pemkab Rohil Sumbangkan Satu Kapal Patroli Kepada Angkatan Laut

Senin, 20 April 2015

Bupati Rokan Hilir Suyatno melakukan ujicoba kapal bantuan Pemkab Rohil kepada angkatan laut untuk menjaga wilayah perbatasan.

PELITARIAU, Bagansiapiapi- Agar mampu memantau perairan Indonesia khususnya antara Rokan Hilir dan Malaysia di Selat Malaka, Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir menyumbangkan satu kapal patroli cepat yang mampu melakukan manuver di laut lepas. Kapal bernama Pulau Berkey itu memiliki kecepatan 65 knot sehingga mampu ''memburu penjahat'' perikanan yang mencoba mencuri sumberdaya alam Rokan Hilir.

Kapal patroli sumbangan Pemkab Rohil itu diserahkan langsung oleh Bupati Rokan Hilir, Suyatno kepada angkatan laut Senin (20/4). Pada saat menyerahan juga dilakukan ujicoba yang dipantau langsung Bupati Rohil dan Danposal Bagansiapiapi Letda P Ari Solikhin.

Kapal patroli dengan kecepatan 65 knot itu merupakan kapal cepat yang pernah ada. Sebelumnya juga angkatan laut yang menjaga teritorial kabupaten Rokan Hilir sebagian besar masih menggunakan kapal patroli berbahan dasar kayu. Penambahan kapal patroli ini merupakan antisipasi meningkatnya pelanggaran yang terjadi di perbatasan laut Rokan Hilir dengan selat melaka. Untuk itu perlu kapal patroli cepat yang bisa bermanuver ditengah laut lepas.

Di ruang dan dashboard kapal patroli Pulau Barkey, terdapat alat canggih pemantau kapal. Selain hemat bahan bakar, kapal itu juga ramah lingkungan karena tidak berasap. Suyatno mengharapkan, dengan bertambahnya kapal patroli angkatan laut, akan dapat memperkuat patroli di perairan lepas seperti laut yang berada di Selat Malaka.

''Kapal ini sangat luar biasa. Usai menguji kemampuan kapal, saya pikir sudah cukup baguslah. Apalagi dalam spesifikasi kapal sudah sesuai dengan permintaan dari angkatan laut itu sendiri yang lebih memahami kondisi dilaut lepas,'' kata Suyatno usai menguji kemampuan kapal di Sungai Rokan, Bagansiapiapi.

Suyatno menyebutkan, pengadaan kapal patroli ini bersumber dari APBD Rokan Hilir. Dengan dibantunya kapal patroli kepada Angkatan Laut, setidaknya ada feedback dengan mengurangi tingkat pencurian ikan ditengah laut. Tambahan lagi keberadaan kapal ini juga akan memperkuat posisi defensif yang sebagaimana diketahui bahwa posisi Rokan Hilir sangatlah strategis.

Di tempat yang sama, Danposal Bagansiapiapi, Letda Laut P Ari Sholikhin sangat berterima kasih karena Pemkab sudah mau memberikan bantuan kapal patroli guna menunjang tugas mereka untuk mengamankan perbatasan. Sejalan dengan konsep pemerintahan Jokowi untuk memperkuat poros maritim, dikatakan Solikhin bahwa setiap patroli mereka juga akan melakukan koordinasi dengan atasannya Danlanal Dumai.

''Kita melaksanakan tugas dan fungsi pokok untuk mengamankan perairan di Rokan Hilir dan sekitarnya. Memang tadi sudah kita lakukan uji coba dan selanjutnya akan menunggu serah terima dari Pemkab. Kita menginginkan agar dilakukan secepatnya karena tugas kita sudah menunggu didepan mata,'' kata Solikhin.*Adv/Jar