Bupati Irwan Ajak Warga Perbaiki Diri dan Keimanan

Rabu, 03 Juni 2015

Bupati Irwan Ajak Warga Perbaiki Diri dan Keimanan

PELITARIAU, Selatpanjang - Bupati Kabupaten Kupulauan Meranti Drs H Irwan MSi menghadiri peringatan Isra' Miraj Nabi Muhammad SAW bersama masyarakat Desa Baran, Kecamatan Pulau Merbau, bertempat di Masjid Al-Huda, Selasa malam (2/6).

Hadir dalam acara itu, Legislator DPRD Meranti Edi Masyudi, Fauzy SE, Mantan Anggota DPRD Riau Al-Ustadz H Zulkarnain Nurdin, Kepala Dinas Perikanan Askandar, Kepala Bagian Kesra Drs Rosdaner, Camat Pulau Merbau Edi M Nur, Tokoh Masyarakat/Agama, dan lainnya.

Pada kesempatan itu, Bupati Irwan menghimbau kepada masyarakat untuk memaknai peringatan Isra' Miraj Nabi Muhammad SAW dengan mengaplikasikan Akhlakul Karimah Rasulullah dalam kehidupan sehari-hari.

"Mari kita Hijrah dari situasi yang baik, menuju lebih baik lagi dimasa datang, sehingga hidup kita damai, tentram serta penuh keimanan," ujar Bupati.

Menurut Bupati peringatan Isra' Miraj jangan hanya sekedar seremonial tahunan, tapi harus menjadi pelajaran bagi seluruh umat, untuk senantiasa memperbaiki diri dan keimanan dalam rangka meningkatkan ketaqwaan kepada Allah SWT.

"Dengan Isra' Miraj mari memperbaharui iman kita, perbaiki kwalitas ibadah, sebagaimana Nabi Muhammad menjemput kewajiban Sholat bagi umatnya, dalam rangka melaksanakan perintah Allah menjauhi diri dari kemungkaran," ucap Bupati.

Lebih jauh dikatakan Irwan, Isra' Miraj memberikan pelajaran kepada manusia senantiasa membersihkan hati seperti yang dicontohkan Nabi Muhammad, dan hal itu sangat dibutuhkan dalam melaksanakan Pilkada Kabupaten Kepulauan Meranti yang tinggal beberapa bulan lagi, dimana akan banyak calon Bupati dan Wakil Bupati yang akan turun kemasyarakat untuk berkampanye.

Hal itu berpotensi memunculkan sekat dan kelompok-kelompok, meski begitu Bupati berharap, jangan sampai menimbulkan perpecahan. Berilah kesempatan kepada semua calon yang pada dasarnya memiliki niat baik membangun Meranti. Ia minta rayakan pesta demokrasi dengan baik bebas dari fitnah.

"Siapapun yang mencalonkan pasti memiliki niat baik ingin membagun Kabupaten Meranti, yang penting dalam proses Pilkada harus menggunakan cara yang baik, jangan sampai karena Pilkada menimbulkan perpecahan dan merusak silahturahmi. Biarkan proses berjalan apa adanya, jaga persatuan, kekompakan dan persaudaraan," harap Bupati.

Al-Ustadz Zulkarnain Nurdin, dalam pencerahannya menjelaskan bagaimana nilai-nilai yang terkandung dala Isra' Miraj dapat diserap dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, dikatakannya, saat ini banyak manusia yang merasa dirinya besar sehingga lupa melaksanakan perintah Allah, sholat 5 waktu.

Untuk itu salah satu cara memaknai Isra' Miraj dengan melaksanakan sholat. "Salah satu cara manusia menyadari dirinya kecil Dimata allah dengan cara melaksanakan sholat," ujarnya mengingatkan masyarakat agar senantiasa memperbaiki diri dan keimanan kepada Allah.

Kades Baran Melintang, Sumarno dalam sambutanya menyinggung, program Pembangunan yang sedang dijalankan saat ini, khususnya Program Meranti Mandiri (PMM) sebagai pengganti program PNPM Mandiri Pedesaan yang telah dihapuskan oleh Pemerintah Pusat.

Menurutnya PMM merupakan sebuah terobosan luar biasa yang dilakukan oleh Bupati Meranti untuk menjamin program strategis di pedesaan tetap berjalan, dengan mengalokasikan dana 1.4 Miliar perdesa.

"Meski PNPM telah dihapuskan namun untuk Meranti telah diantisipasi dengan Program Meranti Mandiri, diharapkan terobosan Bupati ini terus terlaksana sehingga program pembangunan Desa dapat terus berjalan," ujar Sumarno.

Sumarno juga berharap, Pemda Meranti dapat membantu pembangunan pagar masjid Al-Huda yang sedang dalam tahap pengerjaan. "Pagar masjid Al-Huda sedang dalam pembangunan, diharapkan pembangunan pagar yang cukup prioritas itu dapat dibantu oleh Pemda Kabupaten Kepulauan Meranti.

Sekedar informasi, sempena mengikuti acara peringatan Isra' dan Miraj di Desa Baran Merintang Bupati Irwan juga memberikan bantuan pembangunan masjid dan bantuan untuk anak Yatim. Sebelumnya juga bersilahturahmi kerumah Mantan Kades Baran Melintang Azwir yang dilanjutkan dengan makan bersama.***RDY