Pabrik Karet PT. TS Kuba InhuTerbakar

Selasa, 02 Juni 2015

Kantor PT TS di Kuba

PELITARIAU, Rengat-Pabrik karet terbesar di Inhu PT. Tirta Sari (TS) yang terletak di desa Kuantan Babu (Kuba) Kec. Rengat terbakar. Kebakaran yang terjadi telah membakar bagian ruanganlabor infra red.

 

Labor infra red tersebut biasanya di pergunakan untuk analisa kotoran karet yang akan diolah. Namun saat dilaksanakan analisa karet pada Senin (1/6) sekitar pukul 11.00 wib terjadi kebakaran yang diduga api berasal dari sample karet.

 

Kapolres Inhu AKBP Ari Wibowo melalui Kasubag Humas Polres Inhu Iptu Yarmen Djambak, Selasa (2/6) menerangkan peristiwa itu terjadi Senin (1/6) sekira pukul 11.00 Wib. 

 

Pada saat itu, seorang karyawan PT Tirta Sari Surya bernama Ridho Nanda (Saksi) baru saja melakukan pengujian kotoran karet dan pemanasan sample karet dengan memakai lampu pemanasa  watt  besar di dalam ruangan laboratorium. Kemudian saksi meninggalkan ruangan tersebut dalam kondisi tertutup. 

 

Tak lama setelah itu terjadi kebakaran. Untung saat itu para pekerja di PT Tirta Sari Surya langsung mengambil tindakan memadamkan api. Hanya saja, ada beberapa alat penguji analisa kotoran karet yang mengalami kerusakan akibat terbakar.

 

"Informasi sementara api berasal dari sample karet yang dicampur minyak tanah, karena suhu panas mengakibatkan tempat isi karet pecah sehingga terjadi kebakaran. Akibat kejadian ini kerugian ditaksir Rp 50 juta," jelas Iptu Yarmen***dn