Tenaga Kesehatan Rohil, Akan Turun Ke Lokasi Perbatasan

Kamis, 14 Mei 2015

Kepala Dinas Kesehatan Rohil, Dr H M Junaedi Saleh MKes

PELITARIAU, Bagansiapiapi - Beberapa pekan lalu, Kementerian Kesehatan meresmikan program baru yakni “ Nusantara Sehat ” oleh Menteri Kesehatan Prof Dr dr Nila Djuwita F Moeloek SpM (K), supaya tahun ini dapat sosialisasi program kerja Kemenkes.

Dalam rangka program Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Kemenkes menyelenggarakan Program Indonesia Sehat sebagai upaya mewujudkan masyarakat Indonesia yang berperilaku sehat, hidup dalam lingkungan sehat, serta mampu menjangkau pelayanan kesehatan yang bermutu untuk mencapai derajat kesehatan yang setinggi-tingginya.

Dinas Kesehatan Kabupaten Rokan Hilir akan melaksanakan program " Nusantara Sehat " dengan akan menurunkan 10 tim tenaga kesehatan. Adapun10 tim tenaga kesehatan yang akan di turunkan didaerah perbatasan dengan negara, yakni Kecamatan Sinaboi dan Pasir Limau Kapas," kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Rokan Hilir, Dr H M Junaedi Saleh MKes, Kamis (14/5).

"Sebanyak 10 tim tenaga kesehatan akan kita turunkan daerah perbatasan, seperti Dokter, Bidan, Perawat, Tenaga Persalinan, tenaga penyuluh dan Lain-lainya. Kebetulan kita ditunjuk daerah Rokan Hilir daerah perbatasan, kepulauan dan antar daerah seperti Kecamatan Pasir Limau Kapas dan Sinaboi, yang kemungkinan akan mendapat tenaga kesehatan," jelasnya.

Adapun dua kecamatan, soalnya dua kecamatan itu langsung berbatasan dengan negara, seperti negara Malaysia yang menjadi proritas pusat dan Nasional.

"Untuk tahap pertama tenaga kesehatan sudah ada di kabupaten maupun Provinsi telah dikirim, sedangkan tenaga kesehatan kabupaten Rohil belum dikirim, karena ada tahap-tahapnya," tandasnya.

Lanjutnya, dengan adanya program Nusantara Sehat, apa lagi tenaga kesehatan diturunkan di daerah perbatasan, supaya pelayanan kesehatan lebih baik lagi.

 

Sebelum 10 tenaga kesehatan diberangkatkan tentunya mereka dibekali, bagai mana cara melayani masyarakat perbatasan dengan baik," pungkasnya.***RDY