Ditanya Keseriusan Parpol Mengusung Elda Suhanura di Pilkada Inhu 2024

Ahad, 12 Mei 2024

Elda Suhanura saat bertemu dengan Zulpen di kantor JMSI Inhu

PELITARIAU.com - Nama Elda Suhanura SH MH yang jauh hari diramalkan bertarung di Pilkada serentak 2024 ini, bakal menjadi kenyataan. Elda Suhanura sudah menduduki jabatan ketua di DPRD Indragiri hulu (Inhu)-Riau hingga 9 September tahun 2024 dan kembali terpilih hasil pemilu 14 Februari 2024 lalu sebagai anggota DPRD Inhu lagi.

Tampak rombongan yang mengatasnamakan relawan "Ketua Muda" Sabtu (11/5/2024) sore memasuki kantor Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) Inhu lantai II nomor 58 jalan Rengat-Pematangreba Kelurahan Pematang Reba Kecamatan Rengatbarat, saat itu Elda Suhanura ada ditengah tengah rombongan relawan ketua muda tersebut.

Kehadiran Elda Suhanura bersama rombongan relawan ketua muda itu disambut langsung oleh sekretaris JMSI Inhu Handika Karismon SE, bendahara JMSI Inhu Fitri Aisyah, ketua bidang organisasi Ramdana Yudha, sekretaris eksekutif Robby Ardi dan tampak belasan orang pengurus JMSI Inhu saat itu.

Elda Suhanura saat ini masuk dalam bursa calon Bupati Inhu 2024, diusung partai Golkar. Namun, nama lain yang dimunculkan oleh partai Golkar adalah Junaidi Rachmat saat ini menduduki jabatan wakil bupati Inhu hasil pemilu 2020 lalu dengan masa jabatan 3 tahun.

Saya buka pertemuan itu dengan mengucapkan bismillahirrahmanirrahim, ucapan syukur serta selawat. Sebelum dipersilahkan kepada Elda Suhanura menyampaikan pemikirannya dan tujuannya datang ke kantor JMSI, masing masing pengurus perusahaan media siber untuk memberikan pertanyaan kepada Elda Suhanura, baik sebagai ketua DPRD Inhu maupun sebagai calon bupati yang akan di usung partai Golkar di Pilkada Inhu 2024 ini.

Dari beberapa pertanyaan, salah satu pertanyaan yang menggelitik adalah "Apakah betul ketua muda (Elda Suhanura ,red) serius bertarung di Pilkada Inhu 2024 ?," tanya Handika kritis.

Ketua DPRD Inhu dari partai berlambang pohon beringin rimbun itu menjelaskan apa saja yang sedang berproses di Partai politik (Parpol), termasuk namanya diusulkan oleh DPD II Golkar Inhu kepada DPD Golkar Riau untuk diteruskan ke DPP partai Golkar di Jakarta.

"Saya hari ini melengkapi berkas yang disiapkan oleh tiga Parpol, sedangkan partai Golkar memiliki 5 kursi di DPRD Inhu hasil pemilu 14 Februari 2024 lalu. Saya sangat serius dan keseriusan Parpol tempat saya mendaftarkan diri yang harus ditanyakan, apakah Parpol PDI-Perjuangan, Demokrat dan PKS serius mengusung saya," tanya Elda Kembali ke para wartawan saat itu.

Elda menjelaskan, wartawan adalah bagian dari dirinya yang harus ditemui dalam beberapa kepentingan pemerintah. "Saya hari ini ketua DPRD Inhu, jika ada gedung media center tempat berhimpun wartawan maka saya mendatangi gedung wartawan itu dan kita bertemu dengan fasilitas pemerintah, tapi hari ini itu tidak ada dan saya mendatangi kawan kawan di JMSI ini," tutur Ketua Muda.

Pernah dalam sebuah diskusi di warung kopi top anda (Posko1) depan kantor Samsat Pematang Reba, Rudi Kurniawan yang aktif mengurus partai Garuda di Inhu dengan jabatan sekretaris DPC Partai Geruda Inhu, memprediksi kalau Elda Suhanura layak dan cocok menjadi bupati Inhu dan akan bertarung di Pilkada Inhu 2024.

"Prediksi itu saya dengar dari Rudi jauh hari sebelum helat Pilkada, ketika itu Elda Suhanura baru dilantik menjadi ketua DPRD Inhu menggantikan Samsuddin,"

Lebih kurangnya pernyataan Rudi Kurniawan seperti ini. "Kalau saya prediksi,.Elda Suhanura yang dilantik menjadi ketua DPRD Inhu ini, akan ikut di Pilkada Inhu 2024," tutur Rudi sambil menyeruput segelas kopi susu sidikalang.

Ada tiga program strategis dipaparkan Elda yang disiapkan untuk melakukan pembangunan dengan sistim sinergitas dan kolaborasi "Menuju Indragiri hulu emas" tiga program tersebut jika jika dipaparkan akan menjadi ratusan bahkan ribuan program unggul yang bisa dilaksanakan pembangunannya di Inhu.

Tiga Program Inhu Emas

Tiga program yang disampaikan Elda di JMSI Inhu sangat masuk akal dan dianggap bisa dilaksanakan, pertama Percepatan pembangunan insfratruktur, 
kedua, Peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) dan ketiga Perbaikan pelayanan aparatur pemerintah.

"Pembangunan Inhu sudah baik, sekali lagi saya sampaikan kalau saya meminta mandat rakyat Inhu untuk melakukan percepatan pembangunan dari ketertinggalan," ujar Elda.

Pada program insfratruktur Elda terencana membuat program pemerintah dalam perbaikan jalan, jembatan yang dibutuhkan oleh masyarakat.

Pada program peningkatan SDM dilakukan, peningkatan bidang pendidikan, serta pembangunan islamic center yang dipusatkan di Pematang Reba serta melahirkan sarjana satu desa satu orang yang dibiayai oleh pemerintah.

Pada program ketiga yaitu perbaikan pelayanan publik, baik tenaga kesehatan, tenaga medis maupun pelayanan yang bersentuhan langsung dengan pemerintah, maka akan ada penghargaan diberikan kepada pegawai pemerintah yang mendapatkan citra baik, namun sebaliknya jika melakukan pelanggaran sanksi diberikan sesuai dengan kadar kesalahannya.

Elda Suhanura yang mengaku sangat ingin mendapatkan mandat rakyat Inhu di Pilkada 2024 dan sebagai bagian dari peserta di Pilkada 2024 semua tidak terlepas dari kepercayaan partai politik atau gabungan partai politik untuk mengusungnya menjadi calon bupati Inhu.

Dari beberapa nama yang mulai mengerucut bertarung di Pilkada Inhu 2024, Saya bertanya tanya siapa saja yang serius, namun, Apakah Elda Suhanura lolos sebagai calon Bupati Inhu 2024?.** Wallahu A'lam Bishawab

Penulis adalah Zulpen Zuhri, wartawan berkompetensi utama anggota PWI Riau