Ini Kiat Agar Dekat Dengan Anak Meski Sibuk Kerja

Sabtu, 09 Mei 2015

Ilustrasi:

Perkembangan teknologi telah melahirkan istilah yang disebut dengan keluarga modern. Dalam sebuah keluarga modern, aktivitas tinggi terjadi pada setiap anggotanya. Contohnya orangtua yang sibuk bekerja dan anak yang disibukkan oleh jadwal les tambahan.

“Dalam sebuah keluarga modern, intensitas bertemu antaranggota keluarga jarang terjadi karena mereka disibukkan oleh kegiatan di luar rumah,” tutur psikolog keluarga Efnie Indrianie, MPsi dilansir Okezone beberapa waktu lalu.

Untuk mengatasi hal tersebut, Efnie menyarankan agar setiap keluarga menetapkan waktu kebersamaan yang rutin. Berikut ini kiat yang bisa diterapkan orangtua untuk tetap menjaga bonding dalam keluarga modern.

Membacakan cerita

Selain berguna memperkaya imajinasi dan kemampuan berbahasa anak, membacakan dongeng juga bermanfaat untuk meningkatkan bonding antara orangtua dan anak.

Menyapa anak di pagi hari

“Orangtua bisa menggunakan kata-kata manis seperti ‘halo sayang’ atau ‘hai sweety’. Tindakan ini memberikan energi positif pada anak karena sosok yang pertama ia lihat saat membuka mata adalah senyum orangtuanya,” jelas Efnie

Meluangkan waktu di malam hari

Selelah apa pun orangtua saat pulang ke rumah, luangkan sedikitnya 10-15 menit untuk berbicara, memeluk, dan memerikan kehangatan pada anak.

Menelefon

Di sela istirahat makan siang, sempatkan menelefon anak untuk bertanya seputar aktivitasnya. Tindakan ini membuat anak merasa diperhatikan dan tidak kekurangan kasih sayang.***(Zp)