Bupati: Bagus Tidaknya Desa Tergantung Kades, Untuk itu Harus Pro Aktif

Kamis, 07 Mei 2015

Bupati dalam pelatikan Kades

PELITARIAU, Selatpanjang - Bupati Kabupaten Kepulauan Meranti Drs H Irwan MSi mengingatkan kepada Kepala Desa (Kades) harus Pro Aktif berkoordinasi dengan pihak terkait mulai dari masyarakat, Badan Permusyawaratan Desa (BPD) hingga Camat sebagai perwakilan Pemerintah Kabupaten.

Menurutnya baik buruknya sebuah Desa tergantung aktif tidaknya Kades. "Kita menginginkan pembangunan desa semakin baik, agar kehidupan masyarakat semakin mudah, jangan sampai ada aspirasi masyarakat yang tidak tersalurkan, semakin aktif Kades maka anggaran pembangunan akan mengalir," ucap Bupati Irwan.


Pernyataan itu, disampaikannya dihadapan masyarakat Tanjung Samak, Kecamatan Rangsang, saat pelantikan Kades terpilih Arfai, bertempat di Kantor Camat Rangsang, Rabu (6/5).


Dijelaskan Irwan, seiring semakin beratnya tugas Pemerintahan kedepan, peran Kades sangat strategis dalam menyusun program pembangunan, Kades harus menghimpun aspirasi masyarakat, kemudian menyusun program strategis yang benar-benar berbasis masyarakat. Namun hal itu belumlah cukup, jika tidak diiringi dengan kerjasama dan koordinasi yang baik antara pihak terkait seperti BPD dan Camat. "Jika tidak ada kekompakan dengan BPD maka pembangunan akan tersendat-sendat," jelas Bupati.


Koordinasi juga harus dilakukan dengan Camat dan SKPD terkait ditingkat Kabupaten agar pihak Kabupaten mengetahui dan menganggarkan dana pembangunan untuk Desa. "Kades harus juga pro aktif ditingkat Kabupaten agar anggaran dapat mengalir sampai ke Desa," ucap Irwan lagi.


Terlebih lagi dengan akan dilaksanakannya pembangunan jalan Tj. Samak yang sedang dalam tahap lelang, disadari banyak masyarakat yang terganggu, disitulah peran Kades untuk mengkoordinasikannya untuk memberikan pengertian kepada masyarakat.


Sementara itu, terkait dengan telah dilantiknya Arfai sebagai Kades terpilih Bupati berharap dapat melaksanakan tugas pemerintahan sebaik-baiknya demi kemajuan Desa Tj. Samak, Bupati juga mengucapkan terima masih kepada Kades sebelumnya, Saidi atas jasa-jasanya saat menjabat Kades.
Bupati Irwan juga mengingatkan kepada Arfai, agar merangkul semua kelompok masyarakat, jangan ada lagi sekat-sekat seperti yang terjadi saat pemilihan Kades lalu.

"Jangan ada lagi sekat-sekat dan kotak-kotak, saya menghimbau semua komponen masyarakat untuk kembali bersatu-padu," ajak Bupati.


Dalam sebuah pemilihan Kades, kompetisi tidak bisa terelakan karena terdiri dari beberapa calon, namun setelah diperoleh Kades maka Kades terpilih merupakan milik seluruh masyarakat. "Yang menang adalah masyarakat, berikan perlakuan adil sesuai dengan sumpah yang diucapkan. Kepada pihak yang kalah dalam berkompetisi mari mendukung Kades terpilih," ajak Bupati Irwan.***Doni