Sebanyak 25 Orang WBP Terima Remisi Khusus Idul Fitri Tahun 2024

Rabu, 10 April 2024

Pada kesempatan ini, Kalapas Selatpanjang, Sugiyanto mengucapkan selamat merayakan Hari Raya Idul Fitri Tahun 2024 bagi seluruh Umat Islam yang berada di Lapas Selatpanjang.

PELITARIAU, Meranti - Remisi Khusus adalah pengurangan masa pidana yang diberikan pada hari besar keagamaan yang dianut oleh narapidana dengan ketentuan jika suatu agama mempunyai lebih dari satu hari besar keagamaan dalam setahun.

Sebanyak 245 orang Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Selatpanjang mendapatkan Remisi Khusus Idul Fitri Tahun 2024. Dengan rincian 245 orang WBP menerima Remisi Khusus I yaitu pengurangan masa tahanan 15 Hari (56 orang), pengurangan masa tahanan 1 Bulan (172 orang) dan pengurangan masa tahanan 1 bulan 15 hari (17 orang) .

Kegiatan diselenggarakan pada hari Rabu (10/04) di lapangan dalam Lapas Selatpanjang yang dihadiri langsung oleh Kalapas Selatpanjang, Sugiyanto didampingi Ka. KPLP Syofri Mulyadi, Kasubbag TU Benny Afman dan Kasi Binadik dan Giatja Lapas Selatpanjang, Andi Rahman serta Kasubsi Registrasi, Agus Nirawan.

Pada kesempatan ini, Kalapas Selatpanjang, Sugiyanto mengucapkan selamat merayakan Hari Raya Idul Fitri Tahun 2024 bagi seluruh Umat Islam yang berada di Lapas Selatpanjang.

Dalam keterangannya, Sugiyanto menjelaskan, “Pemberian remisi harus diberikan apapun agamanya, karena ini merupakan Amanah UU No.22 Tahun 2022 tentang Pemasyarakatan. Memperoleh Remisi Hari Raya Agama merupakan hak dasar yang dimiliki oleh setiap WBP tanpa memandang agama WBP tersebut".

"Semoga dengan pemberian Remisi Khusus hari raya Idul Fitri ini dapat memberikan motivasi untuk mencapai penyadaran diri yang tercermin dari sikap dan perilaku sehari hari serta selalu meningkatkan optimisme dalam menjalani pidana hilang kemerdekaan yang sedang dijalani di Lapas Selatpanjang," tutup Sugiyanto. **