Wawako Berpesan Pada Masyarakat Untuk Memasang Instalasi Listrik yang Standar

Senin, 18 Agustus 2014

Wawako Dumai Agus Widayat menyerahkan bantuan kepada korban kebarakan rumah di wilayah Kelurahan STDI Kecamatan Dumai Barat.

PELITARIAU, DUMAI - Wakil Walikota Dumai H Agus Widayat, Senin (18/8/14), didampingi Kadis Sosial Chairuddin dan Camat Dumai Barat Zainal Agus serta Lurah Simpang Tetap Darul Ichsan Wahyu Wicaksono menyerahkan bantuan kepada dua kepala keluarga korban kebakaran di Jalan Durian II RT 13 yang terjadi, Sabtu (16/8) sekira pukul 10.00 WIB.


Bantuan berupa kebutuhan rumah tangga tersebut diterima oleh Suarman korban kebakaran yang ketika musibah terjadi sedang pulang ke Medan bersama keluarga sehingga tak satupun barang-barang miliknya berhasil diselamatkan termasuk satu unit sepeda motor merek Yamaha BM 3861 DI.

Sementara satu kepala keluarga lagi Junaidi tidak hadir dalam penyerahan tersebut karena sedang mengantar anak dan istrinya pulang ke kampung, seperti dilansir riauterkini.com

Kegiatan seremonial yang berlangsung singkat tersebut, Wakil Walikota Dumai H Agus Widayat mengimbau kepada masyarakat yang memasang instalasi harus mendapat persetujuan dari AKLI. Hal ini untuk mendapat jaminan, apakah kabel yang dipasang tersebut sudah sesuai standar PLN atau belum.

"Apabila masih dalam kurun waktu lima tahun terjadi korsleting listrik yang bisa menyebabkan kebakaran, setelah mendapat legalitasa dari AKLI maka korban kebakaran akan mendapat bantuan dari AKLI karena instalasi yang terpasang masih dalam asuransi," katanya menimpali.

"Sedangkan apabila lewat dari lima tahun maka istalasi listrik tersebut mesti diganti untuk memberikan keamanan bagi pemilik rumah. Ini merupakan kesepakatan bersama beberapa waktu antara PLN dan AKLI bersama pemerintah daerah," ujar Wawako.

Wawako mengatakan,bantuan ini diserahkan atas rasa kepedulian Pemerintah Kota Dumai bagi para korban kebakaran rumah dan dia berharap bantuan ini dapat dipergunakan sebaik-baiknya, dan dapat dipergunakan untuk memenuhi kebutuhan sementara bersama keluarga.

Dia juga meminta bantuan yang diberikan tersebut jangan melihat jumlah yang diberikan, tetapi hendaknya bantunan ini dilihat sebagai bentuk kebersamaan dan kepedulian Pemerintah Dumai, serta rasa ikut merasakan penderitaan warga korban kebakaran.

Terkait mengenai uang sewa rumah yang biasanya diberikan, Wawako didampingi kadis Sosial mengungkapkan sedang menunggu surat dari pihak kelurahan terkait bantuan uang sewa rumah tersebut dan mengenai nilainya akan disesuaikan.

Sementara Lurah Simpang Tetap Darul Ichsan Wahyu Wicaksono ketika ditemui terkait surat permintaan dari Dinsos tentang permintaan uang bantuan pemerintah untuk sewa rumah mengatakan akan menyampaikan ke Dinas Sosial segera. "Hari ini (kemarin,red) saya akan buat dan langsung menyampaikan ke Dinsos agar para korban kebakaran bisa terbantu," urainya. (PR-cr.Ram)