Kadistanak: Tidak Ada Program Sejuta Sawah

Kamis, 07 Mei 2015

Kadis Pertanian Rohil Ir Muslim

PELITARIAU, Bagansiapiapi - Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) kabupaten Rokan Hilir Ir Muslim mengatakan pihaknya tidak mengetahui tentang adanya program sejuta sawah yang yang diterapkan dari pemerintah propinsi Riau.

"Itu dimana, tak ada  Sepengetahuan saya tidak ada. Tapi tidak tahu apa itu dilaksanakan dari pihak propinsi," jawab Muslim, ketika ditanyai wartawan, Rabu (6/5) di ruang kerjanya.

Saat ini pemerintah luasan lahan yang dikategorikan sebagai lahan pertanian atau sawah yang ada di kabupaten Rohil sekitar 12 ribu hektare lebih yang tersebar di beberapa kecamatan.

"Diantara kecamatan yang merupakan sentra tanaman padi adalah kecamatan Rimba Melintang, Batu Hampar, Sinaboi, Pekaitan dan beberapa tersebar di beberapa kecamatan lainnya namun dengan luasan lahan yang relatif lebih kecil.

Berbagai upaya terus dilakukan pemerintah dalam hal ini Distanak Rohil dalam meningkatkan produksi pertanian yang ada, selain memberikan bantuan bagi kalangan petani termasuk juga mengalakan gerakan untuk tidak melakukan alih fungsi lahan. Meskipun kenyataannya hal itu sulit diwujudkan di lapangan karena keinginan sebagian petani yang mulai menanami areal sawah dengan tanaman Sawit.

Program yang dilakukan Distanak sebagai langkah mewujudkan kembali Rohil sebagai daerah lumbung padi adalah dengan memperbanyak kegiatan untuk irigasi selain itu menambah tempat untuk Demontration Plot.

Tujuan kegiatan demplot adalah mengenalkan teknologi pertanian yang berorientasi peningkatan produksi padi sawah. "Kami mengusulkan untuk Demplot sebanyak 20 unit pada tahun ini, dan akan berusaha ditingkatkan. Seperti yang diinginkan oleh bupati yang mengharapkan agar ada 100 Demplot untuk kabupaten Rohil," ucap Kadis.

Pada acara tersebut bupati dalam sesi tanya jawab, mendapati keluhan dari salah seorang penyuluh yang menyampaikan bahwa jumlah Demplot dinilai masih minim padahal keberadaannya sangat penting. Menanggapi pernyataan itu bupati menegaskan pihaknya sangat mendukung agar jumlah Demplot bisa diperbanyak pada anggaran berikutnya. "Masukkan itu segera pada APBD Perubahan ini, harus kita perbanyak," ujarnya.***(Jar)