Deteksi Dini Gangguan Kamtib Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Riau laksanakan kegiatan Satops Patnal Pada Lapas Selatpanjang

Sabtu, 23 Maret 2024

Dalam kesempatan ini Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Riau diwakili oleh Pembina Keamanan Pemasyarakatan Ahli Madya, Agus Pritiatno, Bc.IP., S.H., M.H., didampingi Kepala Subbidang Pembinaan, Teknologi Informasi, dan Kerja Sama, Muliawarman, S.H.,

PELITARIAU, Meranti - Dalam rangka peningkatan kewaspadaan selama bulan Suci ramadhan Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Riau melakukan kegiatan Satops Patnal  berupa Razia dan penggeledahan terhadap kamar hunian WBP dan tes urine guna deteksi dini gangguan Kamtib di Lapas Selatpanjang, Kamis (21/03).

Dalam kesempatan ini Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Riau diwakili oleh Pembina Keamanan Pemasyarakatan Ahli Madya, Agus Pritiatno, Bc.IP., S.H., M.H., didampingi Kepala Subbidang Pembinaan, Teknologi Informasi, dan Kerja Sama, Muliawarman, S.H., M.H., Staff serta Pengolah data Laporan, Sukur, S. Sos, dan Staff Divisi Pemasyarakatan, Amirrulah Pitra.

Kegiatan diawali dengan pengarahan yang diberikan oleh Tim Satops Patnal Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Riau dan Kalapas Selatpanjang, Sugiyanto.

Selanjutnya wbp diminta keluar kamar hunian sesuai dengan SOP yang berlaku guna diperiksa badan dan barang bawaan nya, lalu wbp dikumpulkan guna mendapat pengarahan dari Pembina Keamanan Pemasyarakatan Ahli Madya, Agus Pritiatno dan Kepala Subbidang Pembinaan, Teknologi Informasi, dan Kerja Sama, Muliawarman, S.H., M.H.

Petugas menyisir kamar hunian mulai dari lemari, tempat tidur, hingga barang milik wbp. Lalu setelah kegiatan selesai wbp dimasukkan kembali kedalam kamar hunian.

Pada kegiatan ini bertujuan untuk memastikan Lapas Selatpanjang tetap Zero HP dan Narkoba, pada kegiatan ini petugas hanya menemukan barang-barang yang dilarang berada di blok hunian seperti Kawat Besi, Botol Kaca Parfum, Cermin Kaca, Piring Keramik, Gelas Keramik, Silet Alat Cukur, Air Cuka, Batu Domino : 1 Set, gesper kepala besi.

Selanjutnya dilakukan tes urine terhadap 10 orang pegawai Lapas Selatpanjang dan 5 orang WBP Lapas Selatpanjang. Kegiatan tes urine ini di awasi langsung oleh tim Satops Patnal Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Riau.

Hasil tes urine keseluruhan Pegawai Lapas Selatpanjang dan WBP Lapas Selatpanjang adalah negatif. **