Hotel Comfort, Diduga Manipulasi Data Pengunjung dan Gelapkan Pajak

Selasa, 05 Mei 2015

PELITARIAU, Dumai - Hotel Comfort yang terletak di jalan Sudirman Dumai setiap harinya ramai dikunjungi. Mulai dari tamu yang menginap, pertemuan rapat, tamu yang sekedar berkaraoke, makan dan minum di Cofee Shop, berenang, laundy dan lainnya. Tapi sangat disayangkan pemasukan pajak dari hotel ini kepada Pemko Dumai tak sebanding dengan padatnya tingkat hunian dan kunjungan ke hotel tersebut. Diduga pihak hotel melakukan pemalsuan laporan pajak ke Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Dumai.

Diduga pendapatan dari hunian dan pendapatan bagian lainnya dari hotel ini sengaja dilaporkan bahwa pendapatan hotel minim. Padahal, bagi pihak Dispenda tak mengetahui permainan hotel tersebut. Dan diduga permainan penggelapan atau manipulasi data pajak ini tidak hanya terjadi disni tapi juga sejumlah hotel lainnya yang ada di Dumai.

Hal ini terungkap atas pengakuan dari M RZ salah seorang mantan karyawan hotel tersebut. Diduga hotel ini telah menjalankan permainan ini sejak belasan tahun yang lalu.

" Bagi orang awam atau bagi Dispenda tak tau permainan yang ada di hotel termasuk di hotel Comfort. Karena laporan yang diberikan kepada Dispenda bukanlah laporan riil atau laporan sebenarnya dari hotel. Misalnya yang menginap setiap hari itu rata-rata 50 kamar, namun yang dilaporkan mungkin sebagian saja sekitar 25 kamar saja, "sebut M RZ.

Permainan ini, katanya baru dari penjualan kamar belum lagi dari pendapatan lainnya seperti sewa ruang rapat, pendapatan dari Coffe Shop, karaoke, kolam renang, mini bar, laundry dan jasa lainnya


"Itu belum lagi jika ada tamu yang hanya memakai kamar hotel dua atau tiga jam saja, ini tidak akan masuk ke dalam registrasi. Karena yang masuk registrasi itu hanya bagi tamu Chek In atau masuk dari jam 12 siang sampai jam 12 siang hari besoknya, "terang M RZ.

Ketika dikonfirmasi sejumlah wartawan, pihak hotel Comfort belum bersedia menjawab. Begitu juga ketika hal ini hendak dikonfirmasi ke Dispenda, Kepala Dinas maupun Sekretaris sedang tidak berada ditempat.***Bie