Bupati Minta Himpun Semua Aspirasi Untuk Percepatan Kemajuan Desa

Selasa, 05 Mei 2015

Giat Pelantikan Kepala desa Dan Peninjauan Jalan Lukun - Sungai Tohor

PELITARIAU, Selatpanjang - Bupati Kabupaten Kepulauan Meranti Drs H Irwan MSi melakukan pelantikan Kepala Desa (Kades), kali ini Kepala Desa Sesap Kecamatan Tebing Tinggi dan Kepala Desa Lukut Kecamatan Tebing Tinggi Timur, Kabupaten Kepulauan Meranti, bertempat dikantor Desa Sesap dan Lukut, Selasa (5/5).

Hadir dalam kesempatan itu Asisten I Sekdakab. Meranti Alizar SSos, Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Ikhwani, Camat Tebing Tinggi Asrorudin, Camat Tebing Tinggi Timur Helfandi, tokoh masyarakat dan lainnya.

Pelantikan Kepala Desa Sesap, Jumri dan Kepala Desa Lukun, Lukman, diawali dengan pengucapan sumpah yang dilanjutkan dengan pemasangan tanda pangkat dan jabatan oleh Bupati Irwan kepada kedua Kades terpilih itu.

Dalam sambutannya, Bupati Irwan menegaskan agar kedua Kades terpilih dapat memberikan kebaikan dan dapat berbuat banyak pada Desa yang dipimpinnya, dengan tetap mengedepankan persatuan dan kesatuan serta kekompakan.

"Tidak boleh ada lagi perbedaan, Kades harus dapat merangkul seluruh masyarakat begitu juga masyarakat hendaknya mendukung Kades terpilih," himbau Irwan.

Menurut Irwan, setelah Kades terpilih didapat, artinya Kades tersebut bukan hanya milik satu kelompok atau tim suses saja tetapi sudah menjadi milik seluruh masyarakat.

"Kades terpilih harus mampu merangkul seluruh masyarat, Kades merupakan semua Bapak bagi seluruh masyarakat, mari bersatu padu mendukung kemajuan desa Sesap," ujar Bupati Irwan.

Peran Kades sangat strategis dalam mengkoordinasi seluruh program pembangunan Desa, namun hal itu tak akan terwujud jika tidak ada kerjasama antar Badan Permusyawaratan Desa (BPD), dan Camat sebagai perwakilan Pemerintan Kabupaten.

Untuk itu Bupati mengajak BPD dan Kades dapat bersatu padu menghimpun aspirasi masyarakat untuk bersama membangun Desa.

"Mari tingkatkan kerjasama antara Kades dan BPD sebagai perwakilan masyarakat dalam rangka mensinkronkan rencana pembangunan," ucap Bupati.

Pada kesempatan itu Bupati Irwan juga mengucapkan terima kasih atas pengabdian Kades sebelumnya yakni Mantan Kades Sesap Selamun dan Mantan Kades Lukit M Raub.

Dijelaskan Bupati, dalam rangka mempercepat pembangunan Desa, saat ini Pemkab Meranti telah menganggarkan anggaran pembangunan Desa sebesar 1.4 Miliar per Desa dari APBD Meranti.

Anggaran ini dapat dimanfaatkan oleh masyarakat untuk membangun infrastruktur yang dibutuhkan.

"Selain dengan BPD, Kades juga harus berkoordinasi dengan Camat dan SKPD lainya," ucap Bupati.

Akhir kata, Bupati Irwan mengucapkan apresiasinya kepada masyarakat yang telah menunjukan kedewasaan politik, lewat penyelenggaraan Pilkades yang lancar, aman dan damai.

Khususnya Pilkades Desa Lukut yang tergolong unik dan sangat Demokratis, meskipun hanya terjadi selisih satu suara namun bisa diterima oleh semua kelompok.

"Saya berharap Pilkades Lukut dapat menjadi contoh daerah lainnya dan kondisi aman, tertip dan lancar ini harus tetap dipertahankan demi Meranti yang cemerlang, terbilang dan gemilang.***Doni