Sederetan Politisi Terpilih di Legislatif Ini Diprediksi Calon Bupati Inhu 2024

Rabu, 28 Februari 2024

Dodi Nefeldi (topi merah), Dodi Irawan (pakai tanjak),. Yulisman (pakai peci), Hendrizal (baju coklat), Zulkifli Panjaitan (kacamata hitam)

PELITARIAU, Inhu - Tahapan pelaksanaan Pemilihan umum kepala daerah (Pemilukada) serentak tahun 2024 se-Indonesia, mulai 27 September sampai dengan 27 November 2024 pemungutan suara. Sejumlah politisi yang diprediksi duduk di legislatif akan bertarung di Pemilukada Inhu.

Sejumlah nama politisi suara terbanyak di pemilu legislatif 2024 ini diantaranya, Dodi Nefeldi kader PDI Perjuangan, Dodi Irawan politisi PAN, dan Yulisman kader Golkar, belakangan muncul nama Hendrizal Sekda Inhu dan Zulkifli Panjaitan wartawan senior bakal ikut meramaikan kontestasi serta Rezita Meylani kembali bertarung di Pemilukada Inhu 2024.

Meski belum muncul kepermukaan, sederetan nama tersebut diatas sudah menjadi perbincangan di tingkat elit politik Inhu, bahkan sudah saling clem mendapatkan dukungan dari partai politik yang memperoleh kursi di DPRD Inhu berdasarkan hitungan cepat pleno Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di Inhu tuntas 27 Februari 2024 ini.

Pelaksanaan Pemilukada diatur dalam undang-undang nomor 10 tahun 2016 tentang pemilihan gubernur dan wakil gubernur, Bupati dan wakil Bupati serta walikota dan wakil walikota, secara teknis diatur dalam Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) nomor 02 tahun 2024 tentang tahapan Pemilukada.

Tahapan Pemilukada oleh KPU, serentak dimulai 27 Februari 2024 sampai 27 November 2024 hari pemungutan suara. Dalam tahapan itu, gabungan partai politik pengusung pasangan calon Bupati Inhu melakukan pendaftaran ke KPU pada 
27 Agustus hingga 29 Agustus 2024.

KPU melakukan penelitian berkas pada 27 Agustus sampai 21 September 2024, dan pasangan calon Bupati Inhu yang memenuhi syarat ditetapkan KPU sebagai pasangan pada 22 September 2024, masa kampanye pasangan calon Bupati hanya 15 hari sejak 25 September sampai 23 November 2024.

Pemerhati Pemilukada Inhu, Kasmedi berbincang dengan wartawan (28/2/2024) di Pematang Reba menjelaskan, sejumlah nama memang disebut sebut sebagai tokoh yang siap bertarung di Pemilukada Inhu, namun demikian nama tersebut belum diketahui apakah menggunakan dukungan partai politik atau perseorangan.

"Nama wartawan senior bang Zulkifli Panjaitan memang disebut sebut ikut bertarung di Pemilukada Inhu, sah saja semua simpatisan menyebut nama figur, apakah memenuhi syarat sebagai pasangan calon Bupati Inhu nanti ditetapkan oleh KPU," tutur Kasmedi yang juga mantan Panwaslu.

Meski tahapan Pemilukada Kabupaten Inhu sudah dimulai, partai politik belum ada mendeklarasikan calon bupati yang akan diusung ataupun pasangan calon Bupati belum ada deklarasi hingga 27 Februari 2024 ini. **