Bupati Pesan Syamsurizal Mampu Berkoordinasi dan Jaga Kekompakan

Senin, 04 Mei 2015

Bupati Kepulauan Meranti saat memasang tanda jabatan kepada kepala desa banglas terpilih pada acara pelantikan kepala desa banglas kecamatan tebing tinggi.

PELITARIAU, Selatpanjang - Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di 29 Desa Se Kabupaten Kepulauan Meranti yang merupakan pertama kalinya di Indonesia, telah selesai dilaksanakan dan berjalan dengan aman dan lancar, kini memasuki proses pelantikan Kepala Desa (Kades) terpilih untuk masa bakti 2015-2021, Senin (4/5) Bupati Kepulauan Meranti Drs H Irwan MSi melakukan pelantika Kades Banglas, Kecamatan Tebing Tinggi.

Pelantikan Kades Baglas terpilih, Syamsurizal SH, ditandai dengan pemasangan tanda pangkat dan jabatan oleh Bupati Irwan, yang dipusatkan di Kantor Desa, jalan Banglas, Selatpajang.

Kepada Kades terpilih Bupati Irwan berpesan agar amanah yang dipercayakan masyarakat dan telah disahkan oleh negara, dapat dilaksanakan sebaik-baiknya dalam rangka memenuhi harapan masyarakat, membangun Desa Banglas lebih baik lagi kedepan.

"Kemenangan merupakan amanah yang harus dilaksanakan sebaik-baiknya, kepada Kades terpilih mari rangkul semua kelompok yang berkompetesi, jangan sampai terjadi perpecahan, dan bagi pihak yang kalah mari dukung Kepala Desa terpilih dengan tetap menjaga kekompakan," ujarnya.

Pada kesempatan itu, Bupati Irwan juga mengucapkan terima kasih kepada Kades sebelumnya, Muhammad atas pengabdiannya selama kurun waktu 6 tahun terakhir.

Dijelaskan Bupati Irwan, pelantikan Kades Banglas, merupakan pelantikan Kades pertama, yang sengaja dipilih karena berada di pusat Kabupaten yang menjadi fokus pembangunan di Kabupaten Meranti, untuk itu sangat diperlukan peran Kades sebagai koordinator semua program Pemda kepada masyarakat.

"Banglas saat ini sedang gencar dilakukan pembangunan infrastruktur salah satunya pembangunan jalan utama, untuk itu saya berharap partisipasi semua pihak. Dan keberadaan Pemerintahan Desa, diperlukan untuk mengkoordinasikan dan mengarahkan masyarakat, untuk mendukung program pembangunan, sehingga dapat selesai tepat waktu dan memuaskan," jelas Irwan.

Seperti diketahui, Pemda Meranti sedang melakukan peningkatan jalan Perumbi yang bakal menjadi jalan utama, Pemda menargetkan sebelum bulan puasa jalan sudah rata dan lebar, begitu juga jalan Pramuka dan jalan Pemuda Setia.

Bupati menyadari, dampak pembangunan yang sedang dilaksanakan, terkadang menimbulkan ketidaknyamanan, khususnya pengguna jalan dan masyarakat yang lahannya terkena imbas pelebaran jalan. Untuk itu Irwan meminta, bagi masyarakat yang terganggu diharap memaklumi begitu juga bagi masyarakat yang lahannya terkena dampak pelebaran untuk mengiklaskan.

"Terhadap masyarakat yang terganggu akibat adanya perbaikan jalan, saya minta dimaklumi dan jika ada tanah masyarakat yang terkena pelebaran agar dapat diikhlaskan, ini semua agar kota semakin terbuka, masyarakat yang tinggal semakan tenang dan nyaman," ucap Irwan seraya mengingatkan Kades untuk memberikan pengarahan pada masyarakat.

"Saya harapkan Desa Banglas bisa berkembang sangat cepat, serta menjadi pemukiman yang nyaman, karena pembangunan yang dilaksnakan bukan untuk pemerintah tepi tak lain untuk masyarakat banglas sendiri," tambah Irwan

Irwan juga berpesan kepada Kades yang baru dapat melanjutkan program pembangunan yang ditinggalkan Kades lama, ia berharap pembangunan semakin ditingkatkan lagi menuju Meranti yang terdepan, terbilang, gemilang dan terbilang.

Akhir kata, Irwan menjelaskan, Pilkades merupakan sebuah tahapan persiapan pemilihan Bupati yang akan digelar Desember yang akan datang. Ia berpesan kepada masyarakat untuk tetap menjaga situasi aman dan kondusif dengan selalu menjaga persatuan dan kekompakan.

"Yang penting semua tetap bersatu dan kompak siapapun yang jadi Bupati tidak masalah asalkan mampu dan berkomitmen membangun Kabupaten Meranti lebih baik dimasa datang,"pungkas Bupati.


Pada kesempatan itu juga dilakukan penyerahan cendera mata dari tokoh masyarakat Bangkas Syamsudi Sulung berupa pedang kepada Bupati Kepulauan Meranti Drs Irwan MSi.***Doni