Senam Pagi, Dinkes Inhu Sosialisasi Singkat Tentang Penyakit TB

Kamis, 30 April 2015

Sosialisasi TB

PELITARIAU, Rengat-Sebagai usaha mewujudkan pola hidup yang sehat, Bupati Inhu H Yopi Arianto SE bersama seluruh karyawan/i di lingkungan Pemda Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) kembali melakukan senam bersama di halaman Kantor Bupati Indragiri Hulu, Kamis (30/4 ).
 
Dalam kegiatan yang sudah menjadi rutinitas disetiap kamis pagi, terasa lebih berbeda sebab kegiatan senam tersebut berbarengan dalam menyambut Hari Tuberkulosis (TB) se Dunia yang jatuh tepat pada hari ini.
 
Usai pelaksanaan senam, melalui tema “Temukan Obati Sampai Sembuh” (TOSS) dalam kesempatan tersebut dr Amin selaku perwakilan dari Dinas Kesehatan Kabupaten Inhu menyampaikan sosialisasi singkat tentang Penyakit Tuberkulosis (TB), Secara umum dirinya menjelaskan bahwa penyakit TB yang dulu dikenal dengan TBC adalah penyakit menular langsung yang disebabkan oleh kuman TB (Mycobacterium Tuberculosis).
 
"Sebagian besar kuman TB menyerang paru-paru, tetapi dapat juga menyerang organ atau bagian tubuh lainnya misalnya tulang, kelenjar, kulit dan lain-lain. Tuberkulosis dapat meyerang siapa saja, terutama usia produktif dan  anak-anak bahkan TB dapat menyebabkan kematian," jelas Amin
 
Ditambahkannya, TB bukan penyakit turunan apalagi disebabkan oleh kutukan ataupun guna-guna, Indonesia sendiri merupakan salah satu Negara yang presentase penderita penyakit TB cukup tinggi, Bahkan menurut sebuah survey, Indonesia berada diperingkat ke empat dunia.
 
Berangkat dari hal tersebut, dr. Amin mengajak kepada seluruh peserta yang hadir untuk bersama-sama menerapkan pola hidup yang sehat guna menekan laju peningkatan penderita penyakit TB.
 
Dalam kegiatan senam bersama tersebut, Dinas Kesehatan Kabupaten Inhu juga memberikan pelayanan cek darah dan gula secara gratis serta ratusan souvenir yang berlogokan TOSS kepada seluruh peserta yang hadir, dengan maksud sebagai bentuk sosialisasi akan bahaya dari penyakit TB.***(Ans)