Bupati Inhu Hadiri MTQ Ke XVIII Tingkat Kecamatan Rengat Barat Tahun 2015

Selasa, 28 April 2015

Bupati Inhu bersama Camat Rengat Barat

PELITARIAU, Rengat-Ribuan masyarakat bertumpah ruah dalam kemeriahan pelaksanaan pembukaan MTQ ke XVIII tingkat Kecamatan Rengat Barat  tahun 2015 Kabupaten Indragiri Hulu, Senin, 27/4. Dalam pelaksanaan acara yang dipusatkan di halaman Masjid Al-Ikhlas Desa Bukit Petaling tersebut, hadir sekaligus membuka secara resmi pelaksanaan MTQ tersebut, Bupati Inhu H. Yopi Arianto, SE. Selain itu turut hadir dalam acara tersebut, Anggota DPR Prov. Riau H. Sugeng Pronoto, S.Sos, Kepala Kantor Kementrian Agama Kab. Inhu H. Abd. Kadir, sejumlah Kepala Dinas, Kepala Badan, Kepala Bagian, Camat Rengat Barat Nurjanah, Sp, Kapolsek, Danramil, Kepala Desa, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat serta ribuan masyarakat yang ikut larut dalam kemeriahan pelaksanaan MTQ tersebut.
 
Dalam laporannya, Kepala Desa Bukit Petaling yang juga selaku Ketua Panitia Pelaksana, Rustam, menyampaikan bahwa, pelaksanaan MTQ tingkat Kecamatan Rengat Barat akan berlangsung selama empat hari, 27 s/d 30 2015 kedepan, dengan diikuti sebanyak 230 peserta yang berasal dari 17 desa serta satu kelurahan di Kecamatan Rengat Barat. Sedangkan  cabang yang diperlombakan diantaranya Tilawah Qur’an, Khafiz Qur’an, Fahmil Qur’an, Khottil Qur’an dan Syahril Qur’an. Sejalan dengan pelaksanaan MTQ ini sendiri, berbagai stand bazar dari desa-desa yang ada di Kecamatan Rengat Barat dan pawai ta aruf juga akan dinilai dan dilombakan.
 
Setelah diawali dengan penyerahan piala bergilir kepada Ketua Panitia Pelaksana, dalam sambutan singkatnya, Camat Rengat Barat, Nurjanah, Sp, mengharapkan agar melalui pelaksanaan MTQ ini, dapat menjadi motivasi para umat muslim untuk membaca dan memahami Al Qur’an sekaligus dapat mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari. 
 
Dirinya juga menyampaikan rasa terima kasihnya kepada semua pihak yang telah mendukung dalam mensukseskan penyelenggaraan MTQ tingkat Kecamatan Rengat Barat ini.terkait berbagai kemajuan pembangunan, dirinya juga menyampaikan terima kasihnya kepada Pemda Kab. Inhu yang terus memberi perhatian terhadap berbagai peningkatan pembangunan di setiap kecamatan.
 
Selanjutnya dalam kesempatan itu, Anggota DPR Prov. Riau H. Sugeng Pronoto, S.Sos menyampaikan kebanggaannya terhadap Kabupaten Inhu terkait pelaksanaan MTQ ditiap-tiap kecamatan. Menurutnya, pelaksanaan kegiatan seperti ini pastinya tidak lepas dari dukungan pemerintah daerah dan para tokoh agama. Secara pribadi, dirinya sangat mendukung terkait kegiatan-kegiatan seperti ini dan berharap dalam pelaksanaannya nanti dapat berjalan dengan sukses dan lancar. Sehingga apa yang menjadi focus tujuan dari kegiatan tersebut dapat dicapai.
 
Sementara itu, sebelum menyampaikan arahannya, Bupati Inhu H. Yopi Arianto, SE menyerahkan 100 mukena dan kain sarung secara simbolis kepada sejumlah perwakilan peserta yang hadir. Selanjutnya dalam sambutannya, Bupati Inhu H. Yopi Arianto, SE menyampaikan apresiasinya terhadap semua pihak yang terlibat dalam pelaksanaan kegiatan ini, sebab selain dihadiri langsung oleh salah satu anggota DPR Prov. Riau, dalam pelaksanaan MTQ di Kecamatan Rengat Barat ini,  menjadi salah satu kecamatan yang berhasil menggelar kegiatan ini dengan begitu meriah. 
 
Pelaksanaan MTQ tingkat kecamatan sendiri, sejatinya merupakan kegiatan yang menjadi program Pemda Kab. Inhu yang rutin diadakan setiap tahunnya. Terkait peningkatan pembangunan, dirinya menyampaikan sampai saat ini Kecamatan Rengat Barat di tahun ke tahun selalu melakukan peningkatan pembangunan diberbagai sektor, dan salah satunya dalam rangka memberantas kemiskinan. Maka dari itu, dirinya mengajak kepada seluruh masyarakat yang hadir untuk selalu merasa bersyukur atas apa yang telah dicapai sampai saat ini. 
 
Diharapkan melalui kegiatan ini, juga dapat dijadikan ajang silaturahmi bagi seluruh warga kecamatan, sehingga rasa persatuan dan kesatuan yang tanpa memandang ras, suku dan agama. Selain itu, dirinya juga menyampaikan semangatnya kepada seluruh kafilah yang ikut serta dalam gelaran MTQ tingkat Kecamatan Rengat Barat. Semoga nantinya melalui ajang ini, nantinya akan muncul para tilawah-tilawah yang berprestasi.
 
Selanjutnya, disela-sela acara pembukaan MTQ tersebut, pelaksanaan pengukuhan terhadap kurang lebih 30 pengurus Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) dilaksanakan. Melalui pengukuhan tersebut, Kepala Kemenag Kab. Inhu H. Abdul Kadir mengharapkan nantinya kepada para pengurus dapat menjalankan tugas serta tanggung jawabnya dalam rangka memberikan pembinaan serta pelatihan kepada masyarakat khususnya umat muslim dalam bidang tilawah Al Qur’an.***(Ans)