Heboh, Adila Ansori Terkejut Soal Isu Pergantian Pimpinan DPRD Inhu

Kamis, 24 Agustus 2023

Wakil ketua DPRD Inhu H Suwardi Ritonga SE di terpa isu pergantian pimpinan di DPRD Inhu

PELITARIAU, Inhu - Adanya isu pergantian pimpinan DPRD Indragiri Hulu (Inhu)-Riau, H Suwardi Ritonga SE, membuat heboh di Kabupaten Inhu, terkhusus membuat para anggota DPRD Inhu terkejut. 

Dikalangan anggota DPRD Inhu, H Suwardi Ritonga SE sebagai wakil ketua DPRD Inhu dikenal luwes, dan bijak dalam memimpin musyawarah untuk mengambil keputusan di DPRD Inhu, Suwardi Ritonga juga tidak pernah melakukan kesalahan selama menjadi pimpinan DPRD Inhu, hal itu dibuktikan tidak adanya proses pelanggaran kode etik berujung proses di Badan Kehormatan (BK) DPRD Inhu.

"Kalau di lembaga DPRD, saya secara pribadi menilai sesok Suwardi Ritongah cukup luwes dengan teman teman di dewan, sepengetahuan saya beliau tak pernah di sidang oleh BK DPRD Inhu," kata anggota DPRD Inhu Adila Ansori ketika dimintai tanggapannya Kamis (24/8/2023).

Adila Ansori yang tercatat sebagai Caleg Dapil Riau 8 nomor 2 dari Partai Demokrat ini menjelaskan, selama Suwardi Ritonga menjadi pimpinan di DPRD Inhu, kebijakan yang diputuskannya di dewan hasil musyawarah dan mufakat, dinilainya tidak pernah Suwardi Ritonga merugikan anggota dewan lain secara lembaga.

"Saya juga terkejut tentang isu Waka DPRD Inhu pak Suwardi Ritonga ini di goyang, tapi saya tidak punya kewenangan masuk kedalam internal partai Gerindra," ujar Adila Ansori yang merupakan ketua DPC Partai Demokrat Inhu.

Menurut Adila Ansori anggota DPRD Inhu tiga periode ini, dalam perpolitikan hal biasa tentang amanah dan tugas partai, tetapi tentu ada pertimbangan dari partai sehingga ada pergantian possisi kader partai yang menjabat sebagai anggota dewan.

"Selama ini Suwardi Ritonga sebagai wakil ketua DPRD Inhu sudah sangat bagus, tetapi dalam pergantian pimpinan di DPRD Inhu tentu kita tidak bisa masuk keranah privasi partai gerindra," jelasnya seraya menjelaskan kalau dirinya belum melihat surat pergantian pimpinan DPRD Inhu.

Hal yang sama di sampaikan Taufik Hendri, menurutnya Suwardi Ritonga sebagai pimpinan DPRD Inhu tidak pernah melakukan kesalahan dan pelanggan kode etik yang berujung proses di BK DPRD Inhu.

"Tidak pernah Suwardi Ritonga dalam membuat keputusan merugikan saya sebagai anggota DPRD Inhu," ujar Taufik Hendri yang juga ketua DPC Partai PAN Kabupaten Inhu. **Ram