Ketua TP PKK Meranti dan Bupati Canangkan Program Nasional Pencegahan Dini Kanker Serviks

Rabu, 22 April 2015

ilustrasi@net

PELITARIAU, Selatpanjang - Bupati Kabupaten Kepulauan Meranti Drs H Irwan MSi melakukan Pencanangkan Program Nasional Percepatan Peran Serta Masyarakat, Dalam Pencegahan Deteksi Dini Kanker Pada Perempuan Indonesia, tingkat Kabupaten Meranti, bertempat di Kantor Camat Tebing Tinggi Barat, Selasa (21/4).

Pencanangan ditandai dengan pemukulan Gong oleh Ketua TP. PKK Kabupaten Kepulauan Meranti Ny Hj Nirwana Sari didampingi Bupati Kabupaten Kepulauan Meranti Drs H Irwan MSi.

Turut hadir dalam acara itu Hj Nirwana Sari Irwan, Hj Tengku Reni Azmaharani, Kepala Dinas Kesehatan dr Irwan Suwandi, Kabag Humas Ery Suhairi SSos, Camat Tebing Tinggi Barat Rizki Hidayat dan lainnya.

Dalam acara yang bertujuan untuk mempercepat peran masyarakat dalam mendeteksi dini kanker pada perempuan, khususnya Kanker Leher Rahim (Servik). Bupati menjelaskan kegiatan ini juga dilakukan diseluruh Kabupaten Se-Indonesia. Dan untuk tingkat Kabupaten Kepulauan Meranti dipusatkan di Kantor Kecamatan Tebing Tinggi Barat.

Bupati berpesan kepada para ibu sebagai tonggak keluarga dan tiang negara harus bisa menjaga kesehatan karena sangat mempengaruhi kondisi negara.

"jika para ibu tidak sehat maka keluarga menjadi tidak sehat dan secara luas akan mempengaruhi negara," ujar Bupati.

Dengan strategisnya peran ibu tersebut, Pemda Meranti menyatakan komitmenya menjaga kesehatan para ibu dengan menyediakan layanan kesehatan di Puskesmas dan Rumah Sakit Daerah, bukan saja ditanggung oleh BPJS Kesehatan tetapi juga Pemda.

"Semua ibu harus sehat, ayo periksakan kesehatan diri di seluruh Piskesmas dan Rumah Sakit," ucap Bupati untuk mengetahui penyakit Kanker secara dini agar segera diobati.

Bupati juga berpesan kepada para bapak untuk bisa mendorong para istri menjadi sehat, dengan menerapkan budaya hidup sehat.

Sekedar informasi dalam kesempatan itu, Bupati Irwan juga memberikan ucapan selamat kepada suami istri Abdullah Halim dan Sukatmi yang masuk Nominasi Keluarga Harmonis Kabupaten Meranti. Melalui moment itu Bupati mengajak kepada Abdullah dan Sukatmi dapat menularkannya kepada keluarga lainnya. Dengan harmonisnya kehidupan keluarga akan membawa kehidupan bernegara yang baik pula.

"Dengan terbentuknya masyarakat harmonis, negara akan lbih baik, kehidupan lebih nyaman dan tercibta keteraturan di masyarakat," ujar Bupati.

Sementara Camat Tebing Tinggi Barat, Rizki Hidayat, mengharapkan, melalui acara ini Perempuan di Kabupaten Meranti khususnya di Tebing Tinggi Barat, terbebas dari kanker Serviks, dengan sehatnya para ibu akan melahirkan putra-putri bangsa yang sehat pula.

Pada kesempatan itu juga dilakukan pemeriksaan Iva Test gratis, yakni pemeriksaan Kanker Serviks bagi perempuan dan para ibu. Camat Tebing Tinggi Barat berharap setiap ibu dapat memeriksakan leher rahimnya.

"jangan tunda lagi segera periksa cepat untuk deteksi dini Kanker Serviks," ujar Camat mengakhiri.***