Jalan Lintas Mahato dan Simpang Manggala Ditargetkan Rampung Oktober

Sabtu, 08 Juli 2023

PELITARIAU , Pekanbaru - Pemerintah Provinsi Riau terus menggesa pembangunan jalan lintas Mahato menuju simpang Manggala Rokan Hilir. Ada tiga paket kegiatan pembangunan jalan rigit di ruas jalan ini. 

Untuk membangun jalan rigit ini, Pemerintah Provinsi Riau mengalokasikan anggaran melalui APBD murni 2023 senilai Rp 68 miliar.

Untuk pembangunan jalan Mahato - Simpang Manggala (A) saat ini progresnya mencapai 54,687 persen, dengan nilai pagu anggaran sebesar 11.697.836.000. 

Kemudian pembangunan jalan Mahato - Simpang Manggala (B) progresnya mencapai 88,506 persen, dengan nilai pekerjaan sebesar Rp12.139.575.000. 

Lalu, pembangunan Jalan Mahato - Simpang Manggala (C) realisasi pekerjaannya mencapai 46,083 persen, dengan nilai pekerjaan sebesar Rp44.339.041.500.

Gubernur Riau Syamsuar berharap, masyarakat bisa menjaga jalan lintas Mahato- Manggala yang dibangun oleh Pemprov Riau ini dengan baik.

Sebab jalan menjadi urat nadi bagi masyarakat untuk pergerakan orang dan barang. Sehingga perekonomian masyarakat bisa meningkat.

"Mudah-mudahan bisa bermanfaat bagi masyarakat untuk mobilitas orang dan barang," ujarnya, Sabtu (8/7/2023).

Karena itu, Gubri berharap agar masyarakat dapat menjaga kualitas jalan dapat dipertahankan, sehingga diharapkan jalan Mahato - Simpang Manggala dapat memperlancar arus lalulintas, baik orang maupun barang.

"Untuk itu saya berharap dukungan masyarakat, kiranya dapat menegur kalau ada kendaraan ODOL lewat sini. Tapi kalau di jalan ini saya kira ODOL tidak ada, biasanya kendaraan ODOL itu di jalan lintas antar provinsi," sebutnya .

Gubri mengatakan, ruas jalan Mahato -  Simpang Manggala tesebut dulunya masih jalan tanah, namun saat ini sudah aspal dan rigid. 

"Insya Allah tahun depan kita lanjutkan. Tapi kita selesaikan dulu kawasan hutannya, baru bisa kita lanjutkan pekerjaannya. Karena sebelum ada izin belum bisa kita kerjakan. Izinnya sedang proses,"  katanya. 

Sementara Kepala Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang, Pertanahan dan Kawasan Permukiman (PUPR-PKPP) Riau, Muh  Arief Setiawan MT. mengungkapkan, total panjang jalan yang dibangun rigit tahun ini sepanjang 7 kilometer. Kita targetkan Oktober seluruhnya bisa selesai dikerjakan," ujarnya.**prc6