Zulfahmi Tegaskan, kepada Pengusaha Angkutan Segera Melakukan KIR Berkala

Jumat, 16 Juni 2023

PELITARIAU, Pekanbaru - Pencapaian Pendapatan Asli Daerah (PAD) dalam kurun waktu dua bulan yakni Januari hingga Mei 2023 tercatat Rp 2 miliar.

Pendapatan ini, dihasilkan dari Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Pekanbaru, melalui Unit Pelayanan Terpadu (UPT) Pengujian Kendaraan Bermotor (PKB).

Dalam pencapaian ini, hampir separuh dari target tahun 2023 sebesar Rp 4,5 miliar. Namun UPT masih berupaya mengejar target yang telah diberlakukan.

“Saya mengimbau agar pengusaha angkutan untuk terus melakukan uji KIR secara berkala, agar pencapaian target Rp 4,5 miliar terkabulkan pada tahun ini,”ucap Kepala UPT PKB Dishub Pekanbaru, Zulfahmi, Kamis (15/6/2023) kemarin kepada media ini.

Dirinya menjelaskan, saat ini rata-rata kendaraan yang melakukan uji KIR mencapai 120 kendaraan setiap hari yakni, melakukan uji berkala dan pengujian baru. Jumlah ini sudah meningkat dibandingkan saat pandemi hanya dibawah 100 kendaraan per harinya.

Zulfahmi mengaku masih rutin melakukan imbauan kepada pihak perusahaan angkutan untuk secara berkala melakukan uji KIR. Pihaknya juga berkoordinasi dengan pihak terkait untuk penegakkan hukum di lapangan lebih ketat.

“Karena itulah, kami selalu melakukan razia tentunya berfungsi, agar pengusaha angkutan lebih tertib dan mau melakukan uji KIR,” jelasnya.

Terkait tentang kendala lainnya, masih banyaknya truk Over Dimensi Over Load (ODOL) yang enggan untuk melakukan uji KIR.

Disebutkan, pemilik angkutan takut untuk melakukan uji KIR karena mereka enggan mengurangi dimensi kendaraan.

“Pemilik Truk odol kebanyakan takut melakukan KIR, sebab akan dipotong sehingga tidak mau datang lagi. Kalaupun datang tetap kita ingatkan untuk dipotong,” tegasnya sembari mengimbau kepada pemilik kendaraan angkutan umum dan barang agar melakukan uji kendaraan secara berkala dan hal ini, juga berguna untuk keselamatan pengguna jalan dalam berlalu lintas.** Prc6