Cara Unik Menangkap Begal dan Balap Liar ini Bisa Dicontoh Polisi Indonesia

Sabtu, 18 April 2015

Cara unik menangkap begal dan balap liar yang meresahkan warga dengan jaring.

Begal adalah aksi perampokan perampasan paksa disertai kekerasan, tersangka tak segan sampai pembunuhan korbannya. Banyak kasus pengendara sepeda motor menjadi korbannya. Sejak terjadi penangkapan dan pembakaran begal beberapa waktu lalu. Aksi begal menjadi semakin marak dan semakin membahayakan keselamatan nyawa korbannya.

Akhir akhir ini, di Indonesia heboh dengan aksi balap liar, begal  dan geng motor. Pada balapan liar, meski sudah berkali kali digrebek namun tak banyak dari mereka yang berhasil tertangkap. Polisi di Vietnam juga menghadapi masalah serupa. Polisi disana bisa menangkap pelaku kejahatan yang memakai kendaraan bermotor dengan jumlah yang terbilang banyak seperti dilansir Liveberita.

Memang cara ini diharapkan mengurangi korban dijalan raya karena kekerasan maupun kecelakaan di jalan raya. Seperti halnya yang terjadi beberapa waktu seorang mahasiswa tewas terseret 30KM. Sangat tragis kemalangan yang terjadi di jalan. maka dari itu pihaknya perlu meminimalisir kejadian kejadian serupa.

Digunakannya jaring ikan ukuran raksasa oleh Polisi Vietnam menggunakan untuk menghentikan para pengendara para penjahat berkendaraan motor, yang kemudian dengan mudah menangkap mereka. Cara yang sangat unik namun efektif.

Kepala polisi lalu lintas di Thanh Hoa City mengatakan"Para polisi melempar jaring ke bagian belakang kendaraan atau memasang jebakan dijalan yang dilalui begal dan akhirnya menempel ke roda sehingga memaksa sepeda motor berhenti," Ujar Letnan Kolonel My Duy Xuan.

"Cara ini tidak banyak menyebabkan luka bagi beberapa target penangkapan, namun sangat ampuh "kata My Duy Xuan menambahkan. Teknik sederhana ini juga telah terbukti sangat ampuh dan efektif dalam menghentikan pembalap liar dan pengendara berbahaya lainnya seperti begal. Dan Polisi pun sukses menjaring puluhan geng motor pada tiap bulannya di kota kecil itu.

Mungkin cara ini bisa juga diterapkan juga di Indonesia hingga bisa mengurangi aksi balap liar atau geng motor yang meresahkan selama ini. Selain itu begal juga bisa ditangkap dengan cara ini oleh pihak kepolisian indonesia dalam mengejar kawanan begal yang seringkali meresahkan masyarakat Indonesia, khususnya di Jawa barat.
Posted by Paling Unik.***Red/Rep01