Ciptakan WBP Produktif, Lapas Selatpanjang Gelar Pelatihan Las Bersama Disnaker dan Transmigrasi Provinsi Riau

Rabu, 24 Mei 2023

Perwakilan UPT - LK Provinsi Riau (Mursalim S.T, M.T) mengatakan jika program ini sangat menarik.

PELITARIAU, Meranti - Pelatihan kemandirian merupakan suatu wadah dalam mengembangkan minat dan bakat warga binaan pemasyarakatan (WBP) sebagai bekal mereka untuk kembali dan diterima oleh masyarakat. Kali ini, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Selatpanjang menyelenggarakan kegiatan pembinaan kemandirian berupa pelatihan mengelas yang bekerja sama dengan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Riau Tahun 2023. Rabu (24/05).

Pada hakikatnya WBP sebagai insan dan sumber daya manusia (SDM) harus diperlakukan dengan baik dan manusiawi. Pelaksanaan kegiatan pembinaan kemandirian narapidana berupa pelatihan mengelas di Lapas Selatpanjang, dibuka langsung oleh Plh. Kalapas Mulyadi.

Pelatihan ini dinilai akan mampu memberikan ilmu dan keterampilan mengelas kepada warga binaan untuk bekal penghidupan mereka di masyarakat. Program pendidikan keterampilan itu sudah menjadi program khusus untuk memberikan tambahan pengalaman dan praktik para penghuni Lapas.

“Setelah keluar dari sini, mereka sudah memiliki kemampuan berusaha melalui keterampilannya itu,” Ucap Mulyadi.

Sementara itu, Perwakilan UPT - LK Provinsi Riau (Mursalim S.T, M.T) mengatakan jika program ini sangat menarik.

“Pada masa mendatang kami siap membantu program Lapas dengan peserta yang lebih banyak. Sehingga warga Lapas benar-benar memiliki kemampuan mengelas sehingga setelah selesai siap untuk membuka usaha,” katanya.**