Relawan Peduli Covid-19 Riau kembali gelar Riau Mendonor, Gerakan 3000 Kantong Darah Ramadhan

Sabtu, 11 Maret 2023

Gubernur Riau Syamsyuar memberikan ucapakan terimakasih kepada pendonor pada kegiatan Riau Mendonor, Gerakan 3000 Kantong Darah Ramadhan beberapa waktu lalu

PELITARIAU, Pekanbaru -  Tinggal beberapa hari lagi umat muslim akan menyambut Bulan Suci Ramadhan yaitu bulan yang penuh berkah, dimana umat muslim akan menjalankan ibadah puasa. 

Biasanya dalam bulan puasa sangat sedikit sekali pendonor yang bisa mendonorkan darah sedangkan permintaan akan darah tetap dan bahkan meningkat. 

Maka untuk membantu ketersediaan darah bagi masyarakat yang membutuhkan di bulan Suci Ramadhan, Relawan Peduli Covid-19 Riau bersama PMI Kota Pekanbaru kembali akan mengadakan Donor Darah Massal dalam Riau Mendonor, Gerakan 3000 Kantong Darah Ramadhan.

Kegiatan Riau Mendonor, Gerakan 3000 Kantong Darah Ramadhan ini merupakan kegiatan yang kesekian kalinya di gelar oleh Relawan Peduli Covid-19-Riau, biasanya kegiatan ini diadakan dalam menyambut Bulan Suci Ramadhan. 

Dimana setiap tahun dalam menyambut Bulan Suci Ramadhan, PMI Kota Pekanbaru selalu mengajak Relawan Peduli Covid-19 Riau untuk bersama-sama membantu ketersediaan darah dengan menggelar donor darah massal, kegiatan ini telah menjadi agenda rutin. Kegiatan ini pertama kali diadakan pada saat Pandemi Covid-19 mewabah di Riau yang mana pada saat itu sangat sulit sekali untuk mencari pendonor yang akan mendonorkan darah apalagi pada saat itu dilaksanakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) sehingga aktivitas masyarakat terbatas, sedangkan permintaan darah tetap dan bahkan meningkat.

Ketua Relawan Peduli Covid-19 Riau Sarwie Tan menerangkan bahwa menurut informasi yang diperoleh saat ini kebutuhan akan darah di Pekabaru per bulan diperkirakan sekitar +/-7000 sd 8000 kantong darah, apalagi kota Pekabaru terdapat beberapa rumah sakit besar dimana pasien dari luar kota yang berobat di Kota Pekanbaru juga membutuhkan darah selain masyarakat Kota Pekanbaru sendiri, jadi kami dari Relawan Peduli Covid-19 Riau selalu diajak oleh PMI Kota Pekanbaru untuk bersama-sama mengadakan donor darah masal. 

Bertepatan dengan akan datangnya Bulan Suci Ramadhan yang mana sangat sulit mencari pendonor maka kami akan kembali menggelar kegiatan Riau Mendonor, Gerakan 3000 Kantong Darah Ramdhan. Kegiatan ini telah menjadi agenda tahunan, yang mana kegitan ini pertama kami kami adakan pada bulan Mei 2020 dan berhasil mengumpulkan 2600 kantong darah dan tidak disangka kegiatan ini mendapat catatan dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) dengan pengumpulan kantong darah terbanyak pada Bulan Suci Ramadhan dan Pandemi Covid.

Sarwie Tan menambahkan bahwa kegiatan Riau Mendonor, Gerakan 3000 Kantong Darah Ramadhan ini juga mendapat dukungan dari Pemerintah Propinsi Riau serta Forkopimda Riau dan Kota Pekanbaru Instansi Pemerintah dan juga berbagai Perkumpulan Sosial dan Kemasyarakatan, Yayasan, Rumah Ibadah, Rumah Sakit, Media Cetak dan Elektronik, Perusahaan Swasta dan seluruh lapisan masyarakat. 

"Kami berharap kegiatan yang akan kami adakan mulai tanggal 12 sampai dengan 17 Maret 2023 Jam 08.00 sd 16.00 Wib di Lancang Kuning Ballroom Hotel Furaya Pekanbaru ini akan bisa mengumpulkan kantong-kantong darah yang banyak sehingga bisa membantu PMI Kota Pekanbaru dalam melayani kebutuhan darah bagi masyarakat," ujar Sarwie Tan.

Panitia tidak mentargetkan jumlah kantong darah yang terkumpul namun dari pendaftaran yang diterima hingga saat ini jumlah yang mendaftar sudah mencapai +/- 2000 pendonor dan kami berharap jumlah ini akan terus bertambah nantinya.

Pada kesempatan ini kami juga ingin mengajak seluruh masyarakat untuk dapat turut serta mensukseskan kegiatan ini, karena kegiatan ini sangat baik sekali, mungkin suatu saat nanti baik keluarga, sahabat, tetangga atau saudara kita juga akan membutuhkan darah. Dengan adanya kegiatan ini juga bisa terjaring pendonor-pendonor baru sehingga donor darah akan menjadi trend atau tradisi bagi masyarakat kita. 

Sebagai ucapan terimakasih kepada pendonor, Panitia juga telah menyediakan ungkapan terimakasih berupa buah tangan diantaranya Beras dan lain-lain. 

Kepada masyarakat yang akan mendonor Panitia juga menyiapkan pendaftaran secara online dengan mengisi form digital https://forms.gle/aeaFtyjUCjRdMuiX6 atau melalui sekretariat Relawan Peduli Covid-19 Riau HP. 0823-8888-6449, Bp. Bagio HP.0822-8572-2255 dan Bp. Yullian HP.0823-8678-8338. ** Rilis