Komik Berisikan Penistaan Agama di Rohil, Ini sikap FKUB, MUI dan Kepolisian Bagan Sinembah

Selasa, 07 Maret 2023

Acara kegiatan ini dihadiri oleh Camat Bagan Sinembah, Wakapolsek Bagan Sinembah, Pjs Penghulu Bagan Batu, Mewakili Danramil Bagan Sinembah, Muspika, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, FKUB Bagan Sinembah, MUI Bagan Sinembah

PELITARIAU, Rohil -  Baru-baru ini telah terjadi penyebaran buku-buku komik yang berisikan tentang penistaan agama dikampung Kecamatan Bagan Sinembah Kabupaten Rokan Hilir Provinsi Riau yang dilakukan oleh oknum yang sampai saat ini belum diketahui.

Hal ini diungkapkan Ust. Drs. Ahmad Yani Sekretaris FKUB Bagan Sinembah sekaligis Ketua MUI Kec. Bagan Sinembah saat Coffe Morning di kantor kepenghuluan Bagan Batu Selasa (07/03/23).

" Dengan terlaksananya kegiatan Coffee Morning hari ini mari kita bersama-sama berharap kejadian ini akan memperkuat kerukunan umat beragam di Kecamatan Bagan Sinembah agar terciptanya situasi Kamtibmas yang kondusif dikampung kita masing-masing " ucapnya.

Di jelaskan lagi, dengan adannya penyebaran buku penistaan agama ini, kami dari FKUB Bagan Sinembah sangat mengutuk keras pelaku penyebar buku-buku komik yang berisikan penistaan agama yang dapat memecah belah umat, maka dari itu saya menghimbau untuk tidak terpengaruh dan terprovokasi adanya kejadian tersebut guna menjaga kerukunan antar umat beragama.

Terkait hal tersebut diatas kami bersama Muspika, Toko Agama, dan Toko adat melakukan deklarasi bersama, menolak segala bentuk upaya penistaan agama yang dapat memecah persatuan dan kesatuan bangsa, kerukunan umat beragama dan stabilitas keamanan secara khusus di Kecamatan Bagan Sinembah Kabupaten Rokan Hilir dan Provinsi Riau secara umumnya. Tetap menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat serta menjaga kerukunan umat beragama. Mendukung Polda Riau dalam menegakkan hukum terhadap penista agama.

Kapolsek Bagan Sinembah melalui Wakapolsek AKP Syaf Yandra, SH pada kesempatan itu juga membenarkan bahwa adannya penyebaran buku diduga berisi penistaan agama di wilayahnya.

Pihaknya bersama Polres dan Polda Riau akan mengusut pelaku penyebaran buku yang berisikan penistaan Agama.

" Saya mewakili Kapolsek akan menyelidiki siapa dalang pelaku yang menyebarkan buku tersebut dan kami akan berkoordinasi ke Polres dan Polda Riau " katannya.

Diakhir Wakapolsek Bagan Sinembah mengimbau kepada seluruh masyarakat terkait adanya penyebaran buku komik tersebut , jangan sampai terprovokasi dan tetap bersama-sama bersatu memerangi hal-hal yang membuat perpecahan antar Agama.

Untuk diketahui, kegiatan ini di hadiri oleh Camat Bagan Sinembah, Wakapolsek Bagan Sinembah, Pjs Penghulu Bagan Batu, Mewakili Danramil Bagan Sinembah, Muspika, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, FKUB Bagan Sinembah, MUI Bagan Sinembah, Perwakilan masing-masing Agama dan Para Bhabinkabtibmas jajaran Polsek Bagan Sinembah. **Rilis