Lirik Potensi, Pemkab Meranti Bangun Pasar Batu Akik

Senin, 13 April 2015

Pasar pagi yang terletak di Jalan Banglas, Selatpanjang, Kepulauan Meranti Pada Tahun 2015 Ini Bakal di Bangun Pasar Khusus Batu Akik Khas Kepulauan Meranti.

PELITARIAU, Selatpanjang - Pengrajin batu akik di Kota Selatpanjang Kepulauan Meranti, semakin menjamur seiring meningkatnya jumlah masyarakat gemar memakai dan mengoleksi batu bernilai seni tinggi itu.

Di Kabupaten penghasil sagu terbesar se-Indonesia ini masyarakatnya tampak menggemari perhiasan batu akik, bukan hanya laki-laki yang hobi mengoleksi perhiasan batu akik namun kalangan perempuan juga sudah memenuhi jemarinya dengan perhiasan batu akik.

Pemerintah daerah Kepulauan Meranti, mendukung penuh kegemaran masyarakat Kepulauan Meranti koleksi batu akik, Untuk itu tahun 2015 ini, pasar batu akik akan berdiri di Kepulauan Meranti.

Bukan hanya sekedar melakukan penataan terhadap sejumlah pengrajin batu, keberadaan pasar ini diharapkan mampu menjadi daya tarik, serta dapat meningkatkan perekonomian masyarakat.

Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti melirik pontensi tersebut, melalui Dinas Pasar Kebersihan dan Pertamanan (DPKP) menyikapi kegemaran masyarakat mengoleksi batu akik dengan membangun pasar batu akik yang akan di bangun di jalan banglas Selatpanjang.

Rencana Pemerintah daerah tersebut disambut girang segenap pencinta batu akik. Bahkan, mereka mengucapkan terimasih kepada Pemkab atas adanya rencana pembangunan pasar batu akik tersebut.

"Keberadaan pasar khusus batu akik di Meranti ini sangat bagus sekali, saya sebagai pecinta batu akik merasa senang, tidak perlu jauh-jauh lagi mencari penjual batu akik," ucap Wan (20) warga Jalan Banglas, Selatpanjang, Minggu (12/4) pagi.

Menurutnya, itu merupakan tindakan yang sangat bagus dilakukan Pemda dalam membina pencinta sekaligus pengrajin batu akik yang kian marak di Kabupaten Kepulauan Meranti. Sehingga nantinya para pengrajin bisa teratur dan para pencinta batu akik pun terarah di satu tempat.

"Tentunya juga, ini bisa menjadi daya tarik, tidak hanya masyarakat Meranti, namun juga warga dari luar Daerah, semoga dengan hal yang dilakukan ini bisa meningkat perekonomian di kepulauan meranti. Dan kami merasa sangat bangga dengan Pemda Meranti," papar Wan.***

Penulis: Doni Ruby Saputra/pen