TPS Pasar Cik Puan Terbakar 600 Kios Habis Dilahap Sijago Merah

Senin, 20 Februari 2023

Petugas pemadam kebakaran berada diantara puing-puing TPS Pasar Cik Puan yang ludes terbakar Ahad 19 Februari 2023 sekira pukul 16.15 WIB

PELITARIAU, Pekanbaru - Tempat Penampungan Sementara (TPS) Pasar Cik Puan Pekanbaru kembali terbakar, Ahad (19/2/2023) sore. Belum diketahui penyebab terbakarnya 'Pasar Loket' jalan Tuanku Tambusai tersebut.

Beberapa warga yang ditemui di lokasi mengatakan kebakaran terjadi sekitar pukul 16.15 WIB tadi. Namun mereka mengaku tidak tahu sumber api.

Tak hanya itu para pedagang juga terlihat panik dan berupaya menyelamatkan barang dagangannya agar tidak ikut terbakar.

Terlihat Penjabat (Pj) Walikota Pekanbaru Muflihun bersama Sekdako Pekanbaru Indra Pomi Nasution berada dilokasi kebakaran.

Muflihun menyebut tak ada korban jiwa dalam musibah kebakaran di Pasar Cik Puan tersebut.

"Sore ini kita terkena musibah kebakaran di Pasar Cik Puan. Tak ada korban jiwa dalam kebakaran ini. Hasil survei kurang lebih 600 kios yang ludes terbakar," ujar Muflihun usai meninjau kebakaran Pasar Cik Puan.

Ia mengatakan untuk sumber api memang belum tahu darimana, tapi tim forensik dari kepolisian sudah datang. Namun tentu butuh waktu untuk mengetahui penyebabnya.

"Kita sudah diskusi dengan beberapa OPD terkait, secepatnya kita cari jalan keluarnya bagaimana pedagang bisa kembali berdagang," sebut PJ Walikota Pekanbaru.

Muflihun juga meminta kepada seluruh teman-teman yang kiosnya terbakar agar bersabar. Berikan kepercayaan kepada kepolisian dan juga pihak Pemko untuk bekerja bagaimana bisa segera membersihkan kios dan mencari solusi yang terbaik.

"Jangan dulu gegabah, kita ingin teman-teman semua selamat dulu," ujarnya.

Disampaikan Muflihun, terkait kebakaran ini memang materi habis, untuk itu Pemko Pekanbaru berupaya bagaimana mengkondisikan kedepan terutama para pedagang ini bisa berjualan lagi.

"Karena banyak keluh kesah ini mau masuk puasa dan lebaran. Mungkin nanti akan dikondisikan di gedung sebelah atau bagaimana nanti kita diskusikan dulu ya
Tapi intinya jangan kisruh," ujarnya lagi.

Selain itu, dirinya juga meminta kepada pihak Polsek untuk mengawasi karena ada juga toko emas yang terbakar.

"Ada juga toko emas (terbakar). Saya minta tolong pak Kapolsek ini diawasi jangan sampai nanti ada orang mengambil atau ada aksi pencurian. Kami akan fokus bagaimana kita bisa membantu kembali para pedagang kios disini," punya PJ Walikota Pekanbaru. ** Prc7