Dodi Irawan Ucapkan Selamat, Wartawan Dari Inhu Terima Penghargaan PCNO PWI Pusat

Rabu, 08 Februari 2023

Penerima PCNO Dasmun Ahmad (Kakan) Anggota DPRD Inhu Dodi Irawan (kiri)

PELITARIAU, Inhu - Ucapan selamat diberikan kepada Dasmun Ahmad oleh anggota DPRD Indragiri hulu (Inhu)-Riau, Dodi Irawan. Dasmun Ahmad merupakan wartawan senior anggota Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) yang menerima Pers Card Number One (PCNO) dari PWI di Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2023.

Dasmun Ahmad merupakan wartawan yang masih aktif di PWI Inhu, sejak Zulpen Zuhri menjabat ketua PWI Inhu, Kasmedi hingga Efril Reza menjadi ketua PWI Inhu, Dasmun Ahmad tercatat sebagai penasehat PWI Inhu dan mengemban amanah selama empat periode kepengurusan PWI Inhu 2011-2023, Dasmun Ahmad masih sebagai penasehat PWI Inhu.

Sebagai anggota PWI penerima PCNO, Dasmun Ahmad sendiri tercatat di anggota PWI Inhu Cabang Provinsi Riau, dengan jabatan Penasehat PWI Kabupaten Inhu. Penerima Kartu Pers Utama/Nomor Satu Dasmun Ahmad telah memenuhi satu atau lebih kriteria sebagai berikut dan masih hidup.

Diantaranya menghasilkan karya jurnalistik yang diakui di tingkat nasional terlebih lagi Internasional, menghasilkan karya jurnalistik  secara konsisten minimal  25 tahun (tajuk, tulisan serra berita dan foto jurnalistik, Menjadi pelopor pengembangan genre jurnalistik  di Tanah Air seperti (investigasi, sastrawi, presisi, entertainment, olahraga, remaja, televisi, radio, digital, dll)

 Selanjutnya, penerima PCNO, secara konsisten berkontribusi memajukan jurnalistik Indonesia melalui gagasan dalam tulisan, artikel, atau buku jurnalistik, penerima PCNO Secara konsisten berkontribusi membela kemerdekaan pers lewat gagasan karya dan kiprahnya.
 
Terakhir, penerima PCNO secara konsisten berkontribusi memajukan SDM pers Indonesia melalui keterlibatan pribadi, lembaga, dalam pelatihan terkait jurnalistik. "Sebagai anggota DPRD Inhu, Saya bangga ada wartawan dari Inhu yang berhasil memperoleh PCNO," kata Dodi Irawan akrab dipanggil Alkindi ini kepada wartawan Rabu (8/2/2023).

Alkindi mengucapkan selamat kepada wartawan Dasmun Ahmad yang mendapatkan penghargaan tertinggi di PWI,   serta mengucapkan selamat kepada 4 wartawan lainya di Riau yang menerima PCNO di HPN tahun 2023. 

"Saya ingin hadir secara langsung memenuhi undangan di HPN Medan tahun 2023, tapi karena ada kesibukan lain, saya sampai ke Tebing Tinggi Sumut, saya balik kanan kembali ke Riau," ujar Dodi lewat telpon.

Lima wartawan anggota PWI yang terpilih  dari 7 wartawan yang diusulkan PWI Riau ke PWI pusat penerima PCNO adalah, Hotman Simanjuntak, Ahmad Zulkani, Deslina, Hary B Kori'un, dan Dasmun Ahmad.  

Dasmun Ahmad mengawali karier wartawannya sebagai reporter di Mingguan Genta tahun 1994. Saat magang Dasmun ditempatkan di Indragiri Hulu (Inhu). Hingga saat ini, Dasmun tetap bertahan menetap Kabupaten Inhu, walaupun sudah memutuskan bergabung di Harian Metro Riau sejak 2004 sampai dengan tahun 2023 ini.

Terpisah, wartawan liputan berita di Kabupaten Inhu yang juga kontributor TVRI  Musdiansyah merasa bangga atas adanya wartawan di Kabupaten Inhu menerima PCNO pada HPN tahun 2023 ini. "Kami bangga dengan Bang Dasmun yang menerima PCNO dari PWI pusat," ujar Imus. **