Bupati Inhu Buka Secara Langsung Musrenbang Kecamatan Batang Gansal

Selasa, 07 Februari 2023

Musrenbang Kecamatan Batang Gansal, Senin (6/2/2023)

PELITARIAU, Inhu - Pemerintah Daerah Kabupaten Indragiri Hulu terus melaksanakan Musrenbang RKPD 2024 tingkat Kecamatan Sebagai wujud komitmen pembangunan daerah melalui partisipasi, terdapat dua lokasi musrenbang hari ini yaitu Kecamatan Batang Gansal dan Kecamatan Batang Cenaku, Senin (6/02/2023).

Bupati Inhu Rezita Meylani Yopi, SE membuka secara langsung Musrenbang Kecamatan Batang Gansal, beliau menegaskan Musrenbang RKPD Kecamatan merupakan musyawarah tahunan pemangku kepentingan untuk mendapatkan masukan mengenai kegiatan prioritas pembangunan diwilayah kecamatan melalui hasil musrenbang desa. 

Sesuai dengan tema Musrenbang kecamatan kali ini, prioritas dan sasaran pembangunan tahun 2024 meliputi peningkatan pembangunan infrastruktur yang difokuskan pada pembangunan infrastruktur dasar, pengembangan atau pengelolaan sumber daya alam yang difokuskan pada pengelolaan lingkungan hidup dan antisipasi bencana, pemulihan ekonomi yang difokuskan pada pembangunan pertanian, UMKM, pariwisata dan sumber daya manusia.

"Semua usulan yang disampaikan masyarakat ataupun desa tidak bisa kita realisasikan secara langsung pada tahun 2024, harus melalui pembangunan secara bertahap, melihat dari keterbatasan anggaran," jelas Bupati Inhu dihadapan masyarkat. 

Bupati Inhu juga berharap pemeliharaan infrastruktur yang sudah dimiliki serta bantuan-bantuan fasilitas dari dinas-dinas terkait agar senantiasa dirawat dan digunakan sebaik mungkin. 

Dalam kesempatan ini, Camat Batang Gansal Basuki, SKM menyampaikan lebih kurang sebesar Rp. 3 M atas alokasi dana yang diberikan Pemerintah Daerah Inhu ke Kecamatan Batang gansal. Sebanyak 117 usulan kegiatan yang dihimpun dari tingkat desa dan telah disepakati sebanyak 8 usulan prioritas dilaporkan Camat Batang Gansal yang didominasi peningkatan struktur jalan kontruksi (aspal), pembangunan jembatan dan pembangunan turap sekolah. 

"Saya mengucapkan terimakasih kepada Bupati Inhu dan Pemerintah Daerah atas kunjungannya ke Kec. Batang Gansal, mudah-mudahan usulan prioritas yang disampaikan akan terlaksana secepatnya," ujar Camat Batang Gansal.

Sedangkan Kecamatan Batang Cenaku Musrenbang dibuka oleh Wakil Bupati Inhu Drs. H. Junaidi Rachmat, M.Si, selain membacakan sambutan Bupati Inhu, Wabup juga berpesan bahwa ada dua agenda besar yang akan dilaksanakan di Kabupaten Inhu Tahun 2023 dan tahun 2024, yakni pelaksanaan MTQ Tingkat Provinsi di Tahun 2023 dan Pelaksanaan Pemilu di Tahun 2024, Wabup mengajak kepada semua pihak untuk menjaga kondisifitas, mendukung, dan ikut berkontribusi demi suksesnya agenda besar tersebut.

Sementara Camat Batang Cenaku Dudi Sumbari, S.AB dalam sambutannya menyampaikan bahwa anggaran Kecamatan untuk tahun 2023 meningkat dibandingkan tahun 2022, yakni pada Tahun 2022 sebesar Rp. 6.775.451.335 sedangkan 2023 meningkat dengan anggaran sebesar Rp. 16.604.229.946. untuk itu Camat Batang Cenaku menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Daerah Kab. Inhu dan DPRD Kab. Inhu atas meningkatnya anggaran untuk Kecamatan Batang Cenaku.

Sementara untuk pada Musrenbang RKPD 2024, sebanyak 130 usulan kegiatan yang dihimpun dari tingkat desa, dan disepakati sebanyak 24 usulan prioritas, adapun usulan prioritas tersebut yakni Bidang Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang 9 usulan, bidang pendidikan 8 usulan, bidang pemuda dan olahraga 5 usulan, dan bidang pertanian dan perikanan 2 usulan.

Turut hadir mengikuti Musrenbang di Kecamatan Batang Cenaku, Aggota DPRD Kab. Inhu, Forkopimcam Batang Cenaku, Kepala OPD terkait, tokoh masyarakat, tokoh adat, dan undangan lainnya.**rls/Kominfo Inhu