Pemko Pekanbaru Sosialisasi IPAL ke Pelanggan Prioritas

Jumat, 20 Januari 2023

Pj Sekdako Pekanbaru Membuka Secara Resmi Sosialisasi Priority Connection & Pengelolaan Lumpur Tinja di Hotel Furaya Jl. Jendral Sudirman

PELITARIAU, Pekanbaru - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru, mensosialisasikan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) ke seluruh pelanggan prioritas, bertempat di Hotel Furaya, Kamis (19/1/2023).

Penjabat Sekretaris Daerah Kota (Pj Sekdako) Pekanbaru Indra Pomi Nasution menyampaikan, saluran IPAL yang di bangun Pemerintah Pusat di Kota Bertuah memiliki kapasitas 8 ribu kubik per hari.

Untuk bisa dioperasikan, kata dia, minimal limbah yang dihasilkan mencapai 3.500 kubik per hari dengan jumlah sambungan rumah (SR) sekitar 3 ribu.

"Makanya tadi kita sosialisasikan terutama untuk pengelola hotel, restoran, mal, dan lain-lain. Karena itu kan banyak kapasitasnya, makanya mereka kita minta menyambungkan ke jaringan IPAL," ucapnya.

Dijadwalkan, lanjut Indra, saluran IPAL di Ibukota Provinsi Riau telah mulai dioperasikan pada Mei atau Juni 2023 mendatang.

"Karena itu kita gesa untuk pembangunan SR-nya tahun ini. Dari 3 ribu SR yang dibutuhkan, itu 1.500 akan dibangun oleh pusat, kemudian 1.500 lagi itu dibantu oleh provinsi dan kota. Provinsi 800 SR dan kota 700 SR," ungkapnya.

Tahap awal, terang Indra, untuk biaya pemasangan 3 ribu SR bakal digratiskan. "Karena dibayar oleh perusahaan untuk 1.500 SR, pemko 700, dan disubsidi provinsi 800 SR," paparnya.

"Selanjutnya, itu akan dikenakan tarif (pemasangan SR). Untuk IPAL ini nanti juga berbayar, dikenakan jasa layanan, tagihannya per bulan, hitungannya 5 ribu per kubik," tutupnya.** Prc6