Jika Juara Umum di MTQ Riau, Pj Wali Kota Beri Hadiah Umrah Bagi Qari dan Qariah

Kamis, 19 Januari 2023

Pj Wali Kota Pekanbaru, Muflihun, S.STP, M.APĀ 

PELITARIAU, Pekanbaru - Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat kecamatan sedangkan digelar di Kota Pekanbaru, salah satunya di Kecamatan Rumbai Barat. Sebagai penyemangat, qari-qariah yang berhasil membawa Kota Pekanbaru sebagai juara umum MTQ tingkat Provinsi Riau akan diberi hadiah umrah.

Ketua Panitia MTQ Kecamatan Rumbai Barat Ilham Novlindo dalam pidatonya di halaman kantor camat, Kamis (19/1/2023). mengatakan, MTQ ini digelar selama dua hari, pada 19-20 Januari. Ada empat cabang yang dilombakan antara lain, Tahfiz anak-anak, Tilawah tingkat anak-anak, Tilawah tingkat remaja, serta Tilawah tingkat dewasa putra dan putri.

Peserta MTQ berasal dari tiap kelurahan. Dewan hakim berjumlah tujuh orang. "Sebelumnya kami telah melaksanakan MTQ tingkat kelurahan pada 12-16 Januari. Diharapkan, MTQ ini dapat para juara yang akan dikirim ke MTQ tingkat kota Pekanbaru," harapnya.

Kesempatan yang sama, Camat Rumbai Barat Indah Vidya Astuti mengatakan, kafilah tiap kelurahan yang bersaing diharapkan mendapatkan hasil yang terbaik. MTQ ini akan ditutup pada pukul 16.00 WIB besok.

"Kami langsung berikan hadiahnya," ucapnya.

Sementara, Penjabat (Pj) Wali Kota Pekanbaru Muflihun mengatakan, pembukaan MTQ Kecamatan Rumbai Barat ini sangat mewah. Diharapkan, MTQ bisa dilaksanakan dengan baik.

"Para qari dan qariah juga dapat membaca Alquran dengan baik. Sehingga, Rumbai Barat menjadi yang terbaik di tingkat kota nanti," ujarnya.

MTQ rutin digelar setiap tahun. Agar, generasi muda bisa membaca Alquran dengan baik dan jelas.

Pekanbaru adalah ibu kota Provinsi Riau. Mirisnya, Pekanbaru tidak menjadi peringkat satu di Provinsi Riau pada MTQ tahun lalu.

Padahal, sarana bagi qari dan qariah lebih lengkap dari kabupaten dan kota lainnya. Untuk itu, ketua LPTQ Idrus diminta untuk menjaring anak-anak yang terbaik. Qari dan qariah yang terbaik jangan sampai diambil oleh kabupaten dan kota lainnya.

"Saya juga akan memberikan hadiah umrah bagi qari dan qariah yang meraih juara umum di MTQ tingkat Provinsi Riau nanti. Kami undi untuk satu putra dan satu putri," ucap Muflihun.

Dalam pembukaan ini, Lurah Rumbai Bukit Edy Azwan menyerahkan kembali piala bergilir kepada Camat Rumbai Barat Indah. Piala bergilir ini akan diperebutkan kembali pada MTQ tahun ini.**prc6